Sekretaris Disdik Makassar, Andi Amalia Malik/int

Kuota Internet Gratis Siswa dan Guru di Makassar Mulai Cair September

Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kemendikbud Ristek menggelontorkan bantuan kuota internet gratis untuk siswa dan guru. Rencananya akan cair pada September 2021.

Sementara, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar memastikan penyalurannya secara merata pada SD dan SMP. Siswa dan guru diminta untuk tetap menggunakan nomor handphone yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Langsung (dikirim) ke nomor yang bersangkutan yang masuk ke dalam data Dapodik,” jelas Sekretaris Disdik Kota Makassar, Amelia Malik, Selasa (31/08/2021).

Lebih jauh, Amelia mengatakan bahwa masing-masing guru mendapat kuota 10 Giga Byte (GB) tiap bulannya. Dan siswa sebanyak 12 GB. Namun jumlah ini bisa berubah sesuai kebutuhan.

“Setiap jenjang berbeda setiap bulan. Bersamaan seluruh Indonesia sampai Desember. Karena ini level Kementerian,” sambungnya.

Amelia mengingatkan agar guru dan siswa tidak menyalahgunakan kuota internet tersebut. Ia meminta peruntukkannya hanya digunakan dalam belajar daring.

“Gunakan kuota sebijaksana mungkin. Jangan sampai dia nonton YouTube,” tutup Amelia.

Sebelumnya, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim mengatakan distribusi kuota data internet berlaku selama 30 hari. Terhitung sejak diterima peserta didik dan pendidik.

Pemerintah menganggarkan Rp2,3 Triliun untuk bantuan kuota data internet siswa. Kuota itu akan diberikan pada 26,8 juta penduduk, yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru dan dosen. (*)


BACA JUGA