Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi, memberikan edukasi ke siswa siswi SLB Negeri 1 Makassar tentang kesiapsiagaan bencana sejak dini, yang bertempat di Aula SLB Negeri 1 Makassar, Kamis (2/09/2021)

Di Hadapan Murid SLB Negeri 1, Ketua PMI Makassar Berikan Edukasi Waspada Bencana Sejak Dini

Kamis, 02 September 2021 | 23:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -


MAKASSAR, GOSULSEL.COM
— Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi, memberikan edukasi ke siswa siswi SLB Negeri 1 Makassar tentang kesiapsiagaan bencana sejak dini, yang bertempat di Aula SLB Negeri 1 Makassar, Kamis (2/09/2021).

Menurut Deng Ical sapaannya, bayangkan kalau kita sejak kecil sudah diajari dengan kampanye yang meninabobokan kita seperti kita hidup di negeri penggalang surga yang terlempar ke dunia. 

“Seakan akan kita hidup di negara yang membuat hidup kita nyaman, sehingga kita mengurangi bahkan menghilangkan kewaspadaan kita terhadap bencana, padahal Indonesia itu adalah negara yang paling rentan terjadi bencana,” katanya.

“Karena di Indonesia itu negeri seribu bencana karena kita dikelilingi oleh Ring of Fire. Bencana geologi dan fulkanik ada, ini ada tertera pada Undang-Undang 24 tentang penanggulangan bencana,” ujarnya.

Sementara anak anak kita dari kecil tidak pernah diberikan pemahaman atau pengetahuan terhadap kewaspadaan bencana sejak dini.

“Keluar rumahki itu mesti ada persiapan, bagaimana kita disaster risk reduction menjadi gaya hidup. Karena teorinya bencana biar rentan potensi bencana tapi kalau kewaspadaan kita juga tinggi maka akibatnya akan sangat rendah,” tuturnya. 

Ia mencontohkan gempa berkekuatan sampai 9,2 SR bahkan pernah hingga 11 SR yang terjadi di negara Jepang tapi yang menjadi korban hanya 7 orang berbanding terbalik di Indonesia.

“Tapi kalau kita di Indonesia baru gempa berkekuatan 6,1 SR bahkan pernah 8 SR sudah ribuan yang jadi korban. Kenapa..? karna kita tidak mempersiapkan kesiapsigaan kita meghadapi bencana,” ungkap Deng Ical, di hadapan puluhan siswa siswi SLB Negeri 1 Makassar. 

Dalam kesempatan ini hadir Ketua Soinav Provinsi Sulawesi Selatan Dr Hj Andi Majdah M Zain dan Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Makassar Andi Hamjan.(*)


BACA JUGA