Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin saat ditemui di Makodim 1408/BS, Senin (06/09/2021)

Banyak Nakes Belum Dapat Jatah Vaksin Booster di Makassar

Senin, 06 September 2021 | 23:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemberian vaksin Moderna sebagai dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan (Nakes) masih dilakukan. Dinkes Makassar melaporkan bahwa masih banyak dari mereka yang belum divaksin.

“Masih banyak yang belum tapi berjalan setiap hari,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, Senin (06/09/2021).

Wanita yang akrab disapa Ida ini bilang, pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Agar, kata dia, sebagian nakes di setiap fasilitas kesehatan (Faskes) bisa melayani masyarakat.

“Itu kan tidak boleh sekaligus seperti Sinovac. Jadi kita bagi-bagi dalam satu vial itu 15 orang,” ucapnya.

“Kalau kita langsung sekaligus takutnya pelayanan ditutup karena efeknya berat,” sambung Ida. Kadang ada sampai demam tiga hari, tidak enak badan kan itu tidak boleh terjadi,” sambung Ida.

Terakhir, Ida memastikan seluruh nakes mendapat jatah vaksin booster sesuai arahan Kemenkes. Namun tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

“Karena penyimpanannya di puskesmas tidak boleh lebih dari satu bulan dengan suhu -2 sampai -8 (derajat celcius). Jadi agak rewel ini vaksin Moderna penyimpanannya. Harus diambil sesuai yang mau berapa digunakan,” tukasnya.(*)


BACA JUGA