Pendonor plasma konvalesen di PMI Kota Makassar/Ist

Permintaan Menurun, Stok Plasma Konvalesen di PMI Makassar Masih Tersedia

Senin, 06 September 2021 | 13:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar terus menyediakan plasma darah konvalesen untuk pasien Covid-19. Sejauh ini stoknya pun masih ada.

Demikian disampaikan Wakil Ketua UTD PMI Makassar, Khudri Arsyad. Ia menyebut stok kantong plasma darah konvalesen tersedia seiring tak banyak dibutuhkan saat ini.

“Lagi turun lagi permintaan kelihatannnya berbanding lurus tingkat besaran yang terkonfirmasi,” ucap Khudri, Senin (06/09/2021).

Khudri melaporkan ketersediaan plasma darah konvalesen per tanggal 5 September yakni 35 kantong. Masing-masing 13 untuk golongan darah A dan B, dan O sebanyak 8, serta AB hanya 1.

“Untuk sementara stok ready, dan hanya stok AB yang sedikit,” singkat Khudri.

Walau begitu, Khudri mengajak seluruh pihak agar berkontribusi dalam menambah stok plasma konvalesen. Mereka yang merupakan penyintas Covid-19 diharapkan ikut serta mendonor.

“Kami mengajak teman-teman penyintas untuk donor plasma konvalesen kami di UTD sangat kesulitan dalam memenuhi permintaan pasien Covid-19 dari rumah sakit, rata 12-15 pasien yang butuh segera pĺasma konvalesen,” pungkas Khudri.

Untuk diketahui, plasma konvalesen dapat diperoleh dari seorang penyintas Covid-19. Di mana telah sembuh dalam kurun waktu sekitar 3 bulan.

Dalam kurun waktu itu, penyintas telah membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. Kemudian, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut. (*)


BACA JUGA