Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI bersama Duta Donor, Andi Fadly Arifuddin atau Fadly Padi saat menandatangani kaos HUT PMI Makassar ke-76 di Kantor Kelurahan Minasa Upa, Sabtu (18/09/2021)

Inovasi PMI Makassar: Luncurkan Program WiFi untuk Pendonor, Pertama di Dunia

Sabtu, 18 September 2021 | 18:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar kembali meluncurkan satu program unggulannya. Ialah WiFi untuk Pendonor.

Peluncurannya merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-76 PMI Makassar dengan tema “Be The 1, Be The Hero For Humanity”. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Lurah Minasa Upa, Sabtu (18/09/2021).

Program ini merupakan bantuan wifi gratis bagi tiap pendonor. Di mana mereka sudah terdata di Markas PMI Kota Makassar.

Program ini sendiri menjadi yang pertama di Dunia. Pasalnya, sampai saat ini belum ada program serupa di instansi lain.

Cara kerjanya cukup muda. Pendonor darah yang terintegrasi di PMI kota Makassar mendapatkan akses password yang didapatkan dari nomor kartu donor.

Password tersebut berlaku selama dua bulan lebih, tergantung jadwal donor dari pendonor itu sendiri. Jika masa jadwal donor telah tiba, maka wifi tersebut akan mati secara otomatis.

“Jadi wifi ini bisa jadi pengingat bagi pendonor, jika wifi tidak dapat digunakan berarti sudah saatnya kembali berdonor,” ucap Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI.

WiFi ini baru dipusatkan di Kantor Lurah Minasa Upa. Wifi ini memiliki jangkauan sejauh 1 kilometer (KM) dari pusat router.

“Kalau Wifi biasa hanya sekitar 40 sampai 60 meter, ini bisa sampai 1 kilometer, jadi jangkauannya sangat luas,” tutup pria yang akrab disapa Deng Ical ini.

Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, WiFi ini diharapkan juga dapat meningkatkan UMKM masyarakat. Sebab, beberapa dari mereka banyak yang memanfaatkan media sosial dan aplikasi market place untuk menjajahkan jualannya.

“Dengan adanya wifi ini kita harap dapat dimanfaatkan dengan baik, termasuk bagi mereka yang berjualan online,” ucap Wakil Ketua UTD PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad.

Sementara itu, salah satu mitra PMI yang menyediakan WiFi gratis, PT Abbbot Products Indonesia menyebut kerjasama ini akan terus dilakukan. Itu agar dapat membantu masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Strategic Account Manager PT Abbbot Products Indonesia, Zulfikar Nasution.(*)


BACA JUGA