BAZNAS Kota Makassar sosialisasi zakat di Masjid Miftahul Jannah, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kamis (30/09/2021)/Ist

Sambil Bantu Warga Pulau, BAZNAS Makassar Turut Sosialisasi Zakat

Kamis, 30 September 2021 | 16:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar semakin menggencarkan pengumpulan zakat. Itu terlihat saat sosialisasi di Masjid Miftahul Jannah, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kamis (30/09/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua BAZNAS Makassar, Ashar Tamanggong, Wakil Ketua 2 Abdul Jurlan, Kepala Bidang Pengumpulan, Arifuddin, Kepala KUA Kecamatan Ujung Tanah, Muh. Luqman, Staf Baznas Makassar, Staf KUA Ujung Tanah dan puluhan pengurus masjid. Serta imam masjid se-kecamatan Kepulauan Sangkarrang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala KUA Ujung Tanah, Muhammad Luqman menyampaikan bahwa untuk sementara KUA Kepulauan Sangkarrang dibawahi oleh KUA Ujung Tanah. Pihakny kami mengimbau perlu meningkatkan kesadaran kepada masyarakat. Terkhusus warga Kepulauan untuk dapat membayar zakat mal melalui BAZNAS.

“Selama ini masyarakat hanya terfokus kepada pembayaran zakat fitrah saja yang dibayarkan setiap setahun sekali pada bulan Ramadhan saja. Sedangkan untuk pembayaran zakat mal masih sangat kurang,” ungkapnya.

Ia berharap kepada seluruh pengurus Masjid dan Iman kelurahan untuk aktif melaporkan setiap penerimaan dan penyaluran zakat mal. Dan langsung diserahkan masyarakat ke pihak pengurus masjid ke pihak BAZNAS. Sehingga, setiap penerimaan dan penyaluran zakat mal dapat tercatat di BAZNAS.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Makassar, Ashar Tamanggong menyampaikan dalam sosialisasi tersebut pentingnya berzakat dalam kehidupan. Apalagi daerah kepulauan seperti Sangkarrang yang profesi utamanya adalah nelayan.

“Sehingga, zakat profesi atau zakat perikanan juga berlaku bila memenuhi nisabnya,” ujar Ashar.

Ashar juga menyinggung zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang selama ini terkumpul di BAZNAS. Yang mana seluruhnya dikelola oleh UPZ untuk pemberdayaan umat.

“Terlebih, masa pandemi saat ini banyak orang terdampak dan sangat membutuhkan bantuan,” ucapnya.

“BAZNAS Makassar tawarkan kepada seluruh pengurus masjid untuk buat program kegiatan sosial seperti sunatan massal, pengobatan gratis, bantuan modal Usaha dan lain-lain. Insha Allah BAZNAS siap bantu tapi dengan catatan masjid tersebut sudah punya UPZ dan Aktif dalam pelaporan zakatnya,” tutup Ashar. (*)


BACA JUGA