Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemkot Makasssr, Andi Irwan Bangsawan saat sambutan dalam peluncuran program dhuafa produktif di Kantor BAZNAS Makassar, Minggu (24/10/2021)

Irwan Bangsawan: Pemkot Dukung Penuh BAZNAS Makassar Bantu Pedagang Bergeliat

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:06 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – BAZNAS Makassar mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk membantu para UMKM. Terkhusus meningkatkan ekonomi mereka.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemkot Makasssr, Andi Irwan Bangsawan. Mewakili Pemkot, ia mengaku tersanjung dengan progam operasional dhuafa produktif ini.

Menurutnya, hal ini cukup diperlukan utamanya di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Di mana peningkatan ekonomi sangat dibutuhkan.

“Ini inovasi yang sangat baik, memberi batuan sesuai dengan keadaan bukan keinginannya. Program inovasi seperti ini yang sangat dibutuhkan,” urai Irwan.

Mantan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar ini mengaku bahwa juga menekankan pentingnya peran BAZNAS di bidang sosial. Menurutnya, perannya setara dengan badan atau SKPD yang bergerak dalam pemberdayaan dan kesejahteraan rakyat seperti Dinas Sosial hingga BPBD.

“Kalau Dinas itu jadi kanan, BAZNAS ada di kiri jadi perannya sama pentingnya, karena jelas ini jadi tanggung jawab bersama,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Makassar, Azhar Tamanggong menargetkan bisa menyalurkan bantuan itu ke 414 pegadang melalui program tersebut. Jumlah itu merujuk pada HUT Kota Makassar saat ini. 

“Tahun ini 100 dhuafa penerima beasiswa kemudian penerima bantuan dhuafa produktif itu kita targetnya sesuai hari Ultah Makassar 414 orang,” kata Azhar.

BAZNAS Kota Makassar meyakini dengan hadirnya program ini bisa membuat para pedagang lebih produktif lagi. Dengan begitu, penjualannya pun meningkat dan mereka bisa juga berzakat.

“Kita akan menciptakan saudagar tangguh, bantuannya benar-benar bantuan modal, bukan dana bergilir tapi dia bergulir di dia sendiri yang dia akan hasilkan menjadi tambahan modal,” tukasnya. (*)


BACA JUGA