Ilustrasi tenaga medis

Selain Insentif Nakes, TPP ASN Pemkot Makassar Belum Dibayar Tiga Bulan

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Kota Makassar selama tiga bulan terkahir belum dibayarkan. Demikian Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), I Dewa Gede Widya Darma.

“Iye, belum dibayarkan, itu mulai Juli, Agustus dan September,” ujarnya, Senin (18/10/2021).

Dewa enggan berkomentar lebih jauh. Menurutnya, persoalan ini menjadi tanggung jawab dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Di BPKAD yang tahu semua itu, karena mereka yang tangani dek,” lanjut I Dewa Gede.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Dahlan saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengamu jika penundaan pencairan TPP tersebut telah sesuai dengan Instruksi Kemendagri terbaru.

Pusat kata dia telah memberikan atensi ke Pemkot agar segera menyelesaikan Insentif Nakesnya. Pencairan kata dia tidak akan dilakukan hingga insentif tersebut sepenuhnya tuntas.

“Ini kan terkait dengan TPP-Nya PNS toh. TPP tidak dibayar selama Nakes ini tidak diselesaikan, biar kita ini kejar-kejar Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Sementara saat ini Insentif Nakes juga masih menunggak selama tiga bulan dari Juli hingga September. Ia menargetkan pencairan dapat dilakukan pekan ini. Saat ini Insentif Nakes dilaporkan hampir sepenuhnya rampung.

“Karena kita dapat laporan dari Dinkes itu ada masalah pada KPA-nya, jadi tunggu ditunjuk dulu, baru ditandatangani. Setelah itu baru cair,” ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan telah merampungkan pendataannya. Pencairan kata dia ditargetkan bisa dirampungkan pekan ini.

“Jadi aman mi insentif nakes, ini kita mau bayarkan ke rekeningnya, tinggal SPM-nya mau dibikin, tinggal tanda tangan baru dicairkan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA