Dinas PU Makassar dan Balai Jasa Konstruksi siap menggelar uji sertifikasi tenaga kerja/Ist

Gandeng Balai Jasa Konstruksi, Dinas PU Makasssar Gelar Uji Sertifikasi Tenaga Kerja

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar terus menjalani kerjasama dengan sejumlah instansi untuk peningkatan pelayanan. Terbaru, pihaknya menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI.

Kedua pihak bersama melakukan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di area Proyek Pembangunan Makassar New Port (MNP). Kegiatan ini bertujuan mencetak para pekerja bersertifikasi.

pt-vale-indonesia

“Penyedia jasa dan tukang-tukang yang bekerja di dalam proyek tersebut wajib bersertifikat,” ujar Perwakilan Balai Jakon Wilayah VI Makassar, Abdul Waris, Senin (18/10/2021).

Waris menyebutan, uji sertifikasi diikuti 30 tukang. Mereka diharapkan dapat menyelesaikan proses ini hingga selesai dan mendapatkan sertifikasi.

Lebih jauh, Waris menyebut uji sertifikasi tukang ini dalam rangka peningkatan skill tenaga kerja konstruksi. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Terpisah, Humas Dinas PU Makassar, Hamka Darwismengatakan kegiatan ini di harapkan dapat memberikan edukasi para para pekerja. Sehingga, juga mendapatkan sertifikat.

“Kami anggap sangat baik karena bisa menjadi jaminan dari kualitas pekerja tersebut. Mendapatkan sertifikat juga tidak mudah, harus melalui beberapa tahapan jadi memang kualitas tenaga kerja bisa di jamin,” pungkas Hamka.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa pihak. Diantaranya, Dewan Pertukangan Nasional, Perkumpulan Tukang Bangunan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pembangunan Perumahan (PP).(*)


BACA JUGA