Foto bersama saat peluncuran program dhuafa produktif di Kantor BAZNAS Kota Makassar, Minggu (24/10/2021)

Beri Bantuan Modal, BAZNAS Makassar Target Serahkan ke 414 Pedagang

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar berupaya mendorong agar UMKM terkhusus pedagang kecil bisa bergeliat. Untuk itu, pihaknya menyalurkan bantuan modal kepada mereka.

Melalui program bantuan operasional dhuafa produktif, BAZNAS Kota Makassar akan menyalurkan bantuan modal itu ke para Mustahiq atau mereka yang berhak. Adapun yang dimaksud adalah para UMKM yang membutuhkan.

Ketua BAZNAS Kota Makassar, Azhar Tamanggong menargetkan bisa menyalurkan bantuan itu ke 414 pegadang. Jumlah itu merujuk pada HUT Kota Makassar saat ini. 

“Tahun ini 100 dhuafa penerima beasiswa kemudian penerima bantuan dhuafa produktif itu kita targetnya sesuai hari Ultah Makassar 414 orang,” kata usai peluncuran program ini di Kantor BAZNAS Makassar, Minggu (24/10/2021).

BAZNAS Kota Makassar meyakini dengan hadirnya program ini bisa membuat para pedagang lebih produktif lagi. Dengan begitu, penjualannya pun meningkat dan mereka bisa juga berzakat.

“Kita akan menciptakan saudagar tangguh, bantuannya benar-benar bantuan modal, bukan dana bergilir tapi dia bergulir di dia sendiri yang dia akan hasilkan menjadi tambahan modal,” tambah Azhar.

Azhar mengaku bantuan modal ini bisa diperoleh bagi para pedagang dengan mudah. Tinggal mengajukan berkas pengajuan. 

Adapun modal bantuannya bisa berupa uang tunai atau barang sesuai kebutuhan. Untuk uang, BAZNAS Makassar bisa menyalurkan sampai Rp7 Juta.

“Ada yang mengajukan dan disurvei, lalu ada yang kaget. Jadi dia tidak meminta tapi kita dapat informasi bahwa memang butuh. Jadi kita assesment,” tutup Azhar. (*)


BACA JUGA