Wakil Ketua UTD PMI Makassar, Khudri Arsyad saat memantau donor darah komunitas di Markas PMI Makassar, Minggu (24/10/2021)

Sambut Hari Sumpah Pemuda, Berbagai Komunitas Sumbangkan Darah di PMI Makassar

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:10 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Puluhan Komunitas yang ada di Kota Makassar menggelar bakti pemuda berupa donor darah. Adapun tema yang diangkat “Setetes Darah Untuk Negeri”. 

Kegiatan bakti pemuda ini serentak dilaksanakan. Itu dengan melibatkan 700 komunitas dari 74 Kota di Indonesia Timur.

Donor darah bakti pemuda ini selama dua hari, 23 dan 24 Oktober 2021. Bertempat di Markas PMI Makassar, Jalan Kandea.

Salah satunya itu adalah Kota Makassar. Hal ini terlihat mulai kemarin hingga hari ini puluhan komunitas menyerbu markas PMI Makassar, untuk menyumbangkan darahnya. Antara lain komunitas yang hadir Kiwal Garuda Hitam, Security, Red Gank, Tiger Owner Club, Riderhood Community dan Superfans Euro Makassar.

Ketua Komunitas Black Motor Comunity, Muh Faisal B, mengatakan aksi donor darah ini merupakan agenda tahunan. Itu dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021.

“Donor darah ini bagian dari kepedulian dan menumbuhkan semangat berbagi terhadap sesama,” ujar Faisal.

Menurut Faisal sapaan akrabnya, bila dahulu komunitas selalu identik dengan hal negatif. Paradigma itu yang ingin kita rubah dari masyarakat.

“Kalau dulu itu komunitas selalu dianggap ugal ugalan di jalan dan selalu membuat masalah. Tetapi pelan pelan paradigma itu ingin kita rubah di masyarakat bahwa komunitas hadir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, yang didampingi Wakil Ketua Unit Transfusi Darah (UTD) hadir memantau langsung kegiatan donor darah bakti pemuda tersebut. Menurutnya, pemuda hebat itu adalah pemuda yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Dan itu ditunjukkan oleh seluruh komunitas dengan donor darah bakti pends hari ini. Hal ini adalah bukti bahwa kehadiran komunitas saat ini betul Betul bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Deng Ical. (*)


BACA JUGA