Makassar New Port/Ist

Aktivitas Bongkar Muat Peti Kemas di MNP Terus Tumbuh, Capai 132.798 TEUs

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -– PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) (Persero) Regional 4 mencatat aktivitas bongkar muat peti kemas di Makassar New Port (MNP) terus bertumbuh. Dengan kedalaman kolam dermaga -16.0 mLWS, MNP dapat melayani kapal-kapal besar.

PMO Investasi Regional Head 4 PT Pelindo, Arwin mengatakan, tahun 2019 lalu aktivitas bongkar muat peti kemas di MNP mencapai total sebanyak 98.159 TEUs. Itu sejak Tahap I A diresmikan pada 2 November 2018.

“Kemudian di tahun 2020 tumbuh menjadi 130.502 TEUs, dan meningkat lagi jadi 132.798 TEUs pada posisi 30 September 2021 atau di triwulan III tahun ini,” ujar Arwin, Senin (25/10/2021).

Makassar New Port, disampaikan Arwin, dibangun untuk menjadi pelabuhan kelas internasional. Apalagi kedalaman kolam dermaga saat ini yang sudah -16.0 mLWS.

Sementara itu terkait pembangunan akses jalan tol Makassar New Port kata Arwin, saat ini telah memasuki tahap persiapan. PT Pelindo sebagai pemilik proyek sudah melakukan sosialisasi kepada warga di dua kelurahan yang terkena dampak pembangunan tersebut.

Menurutnya, jalan tol menuju MNP merupakan rencana strategis pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan untuk pembebasan lahan dilaksanakan oleh PT Pelindo.

“Jalan tol dengan panjang sekitar 2 km ini merupakan perpanjangan jalan tol eksisting menuju MNP. Dibutuhkan biaya kurang lebih Rp50 miliar hingga Rp60 miliar untuk sekitar 1 km lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan akses jalan tol tersebut,” sebut Arwin.

Sementara anggaran untuk pembangunan akses tol itu sendiri lanjut dia, berada di Kementerian PUPR sebagai pihak yang akan membangun akses jalan tol itu. “Saat ini sedang proses pembebasan lahan. Tahun ini rencana mulai dilakukan pembangunan akses jalan tol,” tukasnya.(*)


BACA JUGA