Makassar New Port

Makassar New Port Ditargetkan Rampung Oktober 2018

Jumat, 26 Januari 2018 | 17:35 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Makassar New Port (MNP) ditargetkan akan rampung Oktober 2018. PT Pelabuhan Indonesia IV optimis pembangunan MNP akan rampung sesuai target yang telah dipatok.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang, ditemui saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungannya ke MNP, Jumat (26/01/2018).

Ia menyebutkan, saat ini untuk paket A sedang dilakukan reklamasi untuk dermaga, fabrikasi tulangan struktur secant pile dan bore pile dermaga dan pekerjaan secant pile dan bore pile.

Di paket B, pekerjaan yang dilakukan yaitu reklamasi area container yard, pekerjaan soil replacement area causeway, pekerjaan revetment dan pengecoran saluran precast.



“Sedangkan di paket C sedang dilakukan produksi core 1-5 kg, produksi underlayer 5-10 kg, pemasangan core breakwater 1-5 kg dan pemasangan toe protection breakwater 100-160 kg,” paparnya.

Disebutkan bahwa pembangunan MNP terbagi dalam beberapa tahapan utama, dimana untuk Tahap I terdiri dari tiga paket pengerjaan yakni paket A, B, dan C.

“Secara terperinci, pengerjaan paket A meliputi pembangunan akses jalan, dermaga, dan lapangan penumpukan petikemas yang akan memiliki kapasitas terpasang mencapai 1,5 juta twenty-foot equivalent unt (TEUs),” jelasnya.

Sementara itu, kegiatan untuk paket B mencakup reklamasi seluas kurang lebih 13 hektar, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan petikemas sekitar lebih 16 hektar dan pengerukan kolam pelabuhan 16,0 mean low water springs (mLWS). (*)


BACA JUGA