Satukan Persepsi DTSK, Dinsos Telah Gelar Rapat Bersama

Senin, 01 November 2021 | 11:31 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL,COM – Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Firdaus menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan rapat bersama para camat dan mengingatkan kembali tugas pokok Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK se Kabpaten Gowa.

Hal ini dikatakan Firdaus saat ditanya oleh awak media perihal jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Diakatakannya bahwa rapat itu digelar dua pekan lalu.

pt-vale-indonesia

Dimana pada isi rapat membahas soal persamaan persepsi antara camat, Dinsos Gowa, dan TKSK beserta Pemerintah Kabupaten, terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Ia mengatakan rapat itu dilakukan untuk penyamaan persepsi karena tidak dapat dipungkiri masih banyak masyarakat baik di desa maupun kelurahan tidak masuk dalam DTKS, sehingga melalui surat dari Menko PMK agar warga rentan didaftarkan dalam DTKS.

“Pengusulan dalam DTKS tentu ada mekanismenya termasuk melalui musyawarah desa sehingga perlu dilakukan verifikasi lapangan apakah layak atau tidak masuk dalam DTKS ini,” jelasnya.

Adapun data masyarakat Kabupaten Gowa yang terdaftar dalam DTKS per tahun 2020 ini yakni pada Bantuan Sosial Tunai (BST) 16.641 orang, PKH 31.682, sedangkan BPNT 25.656 sehingga total sebesar 73.979.

“Selain TKSK ini terdapat juga pendamping PKH, penyuluh sosial, opertator SiksNG jadi jika ketiga ini bersatu maka insyaallah tidak ada lagi masyarakat rentan yang tidak masuk dalam DTKS,” tambah Firdaus.(*)


BACA JUGA