Respon Cepat Perintah Siaga Bencana Wali Kota, PMI Makassar Siagakan Relawan

Senin, 06 Desember 2021 | 11:34 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menindaklanjuti keluarnya perintah siaga bencana dari Wali Kota Makassar, dalam hal mengantisipasi bencana banjir, dan angin puting beliung. Untuk mengantisipasi, PMI Kota Makassar merespon cepat dengan menyiapkan relawan.

“Sesuai edaran Wali Kota Makassar, kami di PMI langsung meminta relawan satgana, relawan posko, relawan KSR, dan relawan sibat di seluruh kecamatan untuk bersiaga,” ujar Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, Senin (06/12/2021).

Selain relawan, PMI Makassar juga telah menyiapkan sejumlah perlatan. Nantinya di pakai saat relawan PMI melaksanakan tugas dilapangan.

“Kami juga telah mempersiapkan beberapa peralatan yang digunakan jika terjadi bencana antara lain perahu karet, peralatan dapur umum, First Aid, tenda posko, ambulance, family kit, higyne kit dan tenda terpal,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 ini meminta masyarakat agar tetap siaga dan waspada. Mengingat curah hujan cukup tinggi selama dua hari terahir ini melanda Kota Makassar.

Ia menambahkan, posko bencana PMI Makassar selalu siap siaga baik dalam keadaan bencana maupun keadaan aman. Termasuk juga kegiatan kegiatan antisipasi bencana pandemi covid -19 berupa penyemprotan disinfektasi dan promosi kesehatan.

“Dalam keadaan aman PMI melakukan upaya pencegahan dan membentuk kesiapsiagaan berbasis komunitas, community Base disaster preparness (CPDP). Salah satunya itu membentuk Sibat siaga bencana terpadu berbasis masyarakat dan TSR tenaga Sukarela di berbagai perusahaan dan komunitas,” tukasnya. (*)


BACA JUGA