Kodam XIV Hasanuddin bekerjasama PMI Makassar menggelar kegiatan bakti sosial donor darah di Lapangan Tenis Hasanuddin, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (09/12/2021)/Ist

TNI Jadi Mitra Strategis PMI Makassar Bantu Ketersediaan Stok Darah

Jumat, 10 Desember 2021 | 12:33 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kodam XIV Hasanuddin bekerjasama PMI Makassar menggelar kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD TA 2021.

Acara tersebut bertempat di Lapangan Tenis Hasanuddin, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (09/12/2021). Kemudian ini diikuti keluarga besar TNI AD, dan dibagi atas dua gelombang, hal ini dilakukan untuk mematuhi standar protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan yang rutin tiap tahun dilaksanakan TNI AD, Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Amping Bujasar Tangdilintin, Irdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, Kapok Sahli Pangdam XIV. Brigjen TNI A Kaharuddin dan seluruh jajaran TNI AD lainnya.

Kasdam XIV Hasanuddin, Amping Bujasar mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. “Untuk itu, TNI selalu siap membantu apabila ketersediaan stok darah di PMI Makassar berkurang,” ujar Amping Bujasar, yang ikut mendonorkan darahnya.

Ia berharap kegiatan sosial donor darah ini tidak hanya dilakukan pada hari juang TNI AD. Tetapi, juga dapat dilakukan setiap ada pelaksanaan acara.

Sementara, Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI mengapresiasi kegiatan donor darah tersebut. “TNI salah menjadi mitra strategis PMI Makassar karena selalu hadir setiap PMI dalam keadaan krisis stok darah. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian terhadap sesama,” katanya.

Ia berharap kedepan TNI tetap menjadi pilar utama dalam membantu menjaga ketersediaan stok darah di PMI untuk pasien di Rumah Sakit. Baik yang ada di Makassar maupun permintaan diluar Makassar dan Kawasan Timur Indonesia misalnya Timika, Ambon dan wilayah sulampapua dan Papua Barat.

“Selama pandemi PMI krisis stok darah, hal itu dikarenakan banyak orang takut mendonor. Tapi dengan adanya TNI yang menjadi mitra strategis PMI betul betul sangat terbantu ditengah masa pendemi Covid-19,” tuturnya.

Usai sambutan, Kasdam bersama jajarannya dan didampingi Ketua PMI Makassar meninjau pelaksanaan donor darah tersebut. Adapun kantong darah yang berhasil terkumpul sebanyak 142 kantong darah. (*)


BACA JUGA