Sebanyak 47 pengurus IKA Nobel Indonesia Komisariat Kabupaten Sidrap resmi dilantik. Rektor, Badaruddin mengukuhkan secara resmi di Ruang Rapat Kantor Bupati Sidrap, Selasa (14/12/2021)/Ist

Lantik Pengurus IKA Nobel Sidrap, Rektor Dorong Alumni Berkontribusi untuk Daerah

Kamis, 16 Desember 2021 | 14:31 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 47 pengurus Ikatan Alumni (IKA) Nobel Indonesia Komisariat Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) resmi dilantik. Rektor, Badaruddin mengukuhkan secara resmi di Ruang Rapat Kantor Bupati Sidrap, Selasa (14/12/2021).

Mantan Ketua Yayasan Pendidikan Nobel Makassar ini mengungkapkan, ini pertama kali dirinya melantik ikatan alumni sebagai Rektor. Ia pun memuji sambutan istimewa dan keramahan yang diterima di Kabupaten Sidrap.

“Keramahtamahan sudah saya terima 20 tahun. Kabupaten Sidrap mitra penting Nobel, karenanya kami memberi perhatian lebih bagi Sidrap dan berharap semakin maju dan alumninya makin banyak,” tuturnya.

Badaruddin juga mengutarakan, alumni bagian penting ITB Nobel Indonesia. Juga bagian penting dalam pembangunan daerah.

“Semakin banyak alumni semakin besar kontribusi terhadap pembangunan. Apalagi alumni yang merupakan bagian dari pemerintah daerah sendiri akan menentukan arah dan keberhasilan pembangunan,” terangnya.

Sementara, Staf Ahli Bupati bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Nurkanaah, berujar pembentukan ikatan alumni di suatu daerah bukan hanya untuk menghimpun para alumni se-kawasan untuk bernostalgia. Namun, hendaknya membawa dampak yang besar, baik kepada organisasinya sendiri, almamater dan juga masyarakat luas.

“Ikatan alumni dibentuk dengan tujuan mulia untuk menjadi wadah komunikasi dan pemberdayaan potensi alumni, mempersatukan alumni dalam memberikan bakti kepada almamater, masyarakat, bangsa dan negara,” urai Nurkanaah.

Alumni, sambungnya, merupakan salah satu elemen dari sekian banyak faktor-faktor penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja suatu institusi pendidikan. “Dalam hubungannya dengan pembangunan daerah, peran perguruan tinggi dan ikatan alumni dapat melakukan kajian implementatif, kajian ekploratif pengembangan wawasan dan edukasi masyarakat sangat diperlukan untuk membantu pemerintah daerah,” kuncinya.

Diketahui, sejumlah nama-nama pengurus yang dilantik diantaranya, Darwis Pure sebagai Ketua, Swasta Putera Parawansa (Wakil ketua I), Abdullah (Wakil ketua II), Abdul Rasyid (Sekretaris), Amrullah (Wakil Sekretaris), Supiani (Bendahara), dan Marlia (Wakil Bendahara).

Darwis Pure usai dilantik mengatakan, Ikatan Alumni Nobel Indonesia Komisariat Kabupaten Sidrap didirikan atas rasa kebanggaan dan kecintaan para lulusannya. Ia ingin mereka bisa membantu pemerintah dalam hal mensejahterakan masyakarat.

“Sebagai alumni pertama dari kabupaten Sidrap yang dicetak Nobel Indonesia, kami harus menjadi bagian penting serta berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi wakil almamater Nobel Indonesia dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

Ditambahkannya, kepengurusan Ikatan Alumni Nobel Indonesia Komisariat Sidrap periode 2021-2026 diisi oleh pemuda milenial yang siap menjadi garda terdepan dalam membangun komunikasi tali silaturahim untuk seluruh alumni. “Dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan di antara alumni, banyak yang bisa dilakukan baik kegiatan-kegiatan, ide, pemikiran yang bermanfaat untuk sesama,” tukasnya. (*)


BACA JUGA