Acara launching transformasi EBITDA di Kantor PTPN XIV dan virtual di beberapa unit usaha pada pertengahan bulan Desember/Ist

Target Jadi Juara, PTPN XIV Luncurkan Tranformasi EBITDA

Selasa, 21 Desember 2021 | 15:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Board of Management PTPN XIV ikut serta launching Internalisasi Program Tranformasi Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang diusung oleh Holding Perkebunan Nusantara. Kegiatan itu digelar melalui acara launching di Kantor PTPN XIV dan virtual di beberapa unit usaha pada pertengahan bulan Desember.

Ada 9 Pilar Program transformasi EBITDA. Diantaranya, Optimasi Penjualan (revenue Enhancement), Sentralisasi Pengawasan Kinerja Operasional/Optimasi Biaya Angkut (Logistic Optimization), Sentralisasi dan Digitalisasi Proses Pengadaan (Procurement Excellence), Peningkatan dan Produktivitas & kompetensi SDM (Organizational Excellence), Efiseinsi Biaya Amdinistrasi dan Umum (Zero Based Budgeting), Penguatan Manajemen Antara Holding maupun anak perusahaan (Management Review Cycle), Pengawasan Arus Kas Terpusat dan Terkendali (Cash Control Tower), dan terakhir Katalisator Perubahan, Monitoring dan Merealisasikan Value (strategic Transformation Office).

Direktur PTPN XIV, Suhendri dalam sambutannya menyampaikan “PTPN JUARA” adalah tekad yang besar dan itu tidak mudah. Ia berkomitmen untuk bisa meraih juara.

“Kita harus paham akan posisi kita saat ini dan menemukan apa yang harus dikontribusikan sesuai dengan tupoksi masing-masing agar bisa menjadi juara,” ujarnya.

Demi mendukung Program Transformasi EBTITDA, PTPN XIV sudah menyusun beberapa program transformasi dan membuat proyeksi keuangan. Transformasi fundamental ini menjadi dasar untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Adapaun program-program yang direncanakan kemudian akan dilakukan dengan baik. Itu dilaksanakan secara maksimal serta dilakukan pengawasan dan evaluasi yang optimal.

“Setiap manajemen, baik di direksi maupun di tiap unit harus terlibat secara inklusif dan bekerja sesuai tupoksi masing-masing. PTPN XIV maju untuk kepentingan bersama, kita harus berkayakinan bisa jadi juara. Perjalanan kita masih panjang, untuk itu mari saling merangkul satu sama lain dan bekerja sama dengan baik,” jelas Suhendri.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemecahan kendi oleh Bapak Suhendri sebagai simbolis membuang sifat, kebiasaan buruk dan menumbuhkan sifat, sikap yang baik untuk bertransformasi EBITDA demi PTPN XIV yang juara. Dan juga pemecahan balon simbolis oleh SEVP Operation, Andi Arwan dan SEVP Business Support, Ahmad Diponegoro.

Selain itu, perayaan simbolis juga dilakukan oleh beberapa unit seperti PKS Luwu. Itu diwakili oleh Wardi Samad secara simbolis menurunkan sifat-sifat jelek yang tertempel di spanduk menggunakan egrek alat panen.

Pabrik Gula Takalar dipimpin Burhanuddin P. juga turut serta dalam peresmian secara simbolis dengan mematahkan sifat-sifat yang jelek melalui menghancurkan kardus. Serta sifat-sifat baik digantungkan pada pohon dengan harapan sifat-sifat ini dapat diwujudkan.

Di akhir kegiatan, terdapat pemaparan pengalaman dan pesan-pesan dari karyawan yang telah mengikuti apel siaga planters nusantara di Unit Sei Karang –Sumatera Utara, pemutaran video dukungan dari Unit PKS Luwu dan Unit PG Camming, unit usaha PTPN XIV serta close statemen dari Direktur PTPN XIV. (*)


BACA JUGA