KALLA telah meneken nota kesepahaman bersama Basarnas Sulsel, Panin Bank, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Makassar dan Kedai Buku Jenny di Wisma Kalla, Kamis (30/12/2021)/Ist

Perluas Program CSR, KALLA Teken Kerja Sama CSR dengan 4 Instansi

Jumat, 31 Desember 2021 | 00:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- KALLA telah meneken nota kesepahaman bersama Basarnas Sulsel, Panin Bank, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Makassar dan Kedai Buku Jenny. Kerja sama dengan empat lembaga/instansi tersebut untuk menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan, lingkungan dan hukum.

Dokumen kerja sama ditandatangi oleh Chief Corporate Secretary & Legal Officer Kalla Group, Subhan Djaya Mappaturung, Djunaidi selaku Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Hudli Huduri selaku Regional Manager KTI PT Panin Bank, Muhammad Haedir selaku Direktur LBH Makassar dan Harnita Rahman selaku Pimpinan Program Kedai Buku Jenny. Acara ini dilaksanakan di Wisma Kalla, Kamis (30/12/2021).

Kalla Group melalui Yayasan Hadji Kalla telah banyak melakukan berbagai kegiatan di bidang pendidikan, sosial & ekonomi, kemanusiaan & lingkungan serta islamic care. Seperti di bidang pendidikan, KALLA telah menyalurkan beasiswa kepada ribuan pelajar di Sulawesi, bahkan Indonesia Timur.

Di bidang lingkungan, KALLA juga telah banyak melakukan berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon, mangrove hingga penyelamatan terumbu karang. Kemudian, salah satu kegiatan di bidang ekonomi dan sosial, KALLA telah melakukan pembinaan kewirausahaan kepada masyarakat di pedesaan. Begitu pun di bidang islamic care, terdapat CSR seperti program bantuan kepada kaum duafa, tebar Alquran hingga bantuan sarana masjid.

“CSR Kalla Group kedepan akan fokus pada kegiatan yang berdampak besar kepada masyarakat. Misalnya dengan Basarnas, kita melakukan kesepakatan untuk melakukan pendidikan dan pelatihan kepada potensi-potensi SAR dari KALLA. Jadi, karyawan-karyawan kita yang jadi volunteer akan dilatih dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan research & rescue atau pencarian dan penyelamatan untuk korban-korban bencana alam dan lainnya,” ungkap Subhan Djaya Mappaturung.

Begitu pula dengan kesepakatan antara KALLA dan Panin Bank dalam penanaman bibit pohon. Bentuk kerja sama ini berupa kegiatan penghijauan lingkungan untuk mengurangi pemanasan global, melestarikan alam lewat penghijauan serta mengurangi risiko terjadinya bencana alam bagi masyarakat. Untuk itu, diharapkan tak hanya sekadar menanam pohon bersama-sama, tetapi juga menjaga bibitnya hingga tumbuh dengan melibatkan berbagai pihak.

“Kemudian dengan LBH Kota Makassar, kita akan fokuskan CSR untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Bagaimana masyarakat, khususnya warga yang tidak mampu bisa mendapatkan akses keadilan yang bisa lebih luas dan terjamin. Dengan Kedai Buku Jenny, kita ingin memperluas literasi kepada anak-anak kurang mampu yang mungkin aksesnya terhadap buku dan komunikasi digital masih sangat terbatas,” jelas Subhan.

Sementara itu, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi memberi apresiasi kepada Kalla Group yang telah menginisiasi kerja sama ini. Tentunya pendidikan dan latihan tersebut akan menambah potensi SAR untuk membantu tugas dan fungsi dalam pencarian dan pertolongan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalla Group sangat luar biasa. Dari semua perusahaan yang kami bina, baru Kalla Group yang mau melanjutkan ketika ada latihan dasar SAR. Kalau mau melanjutkan pendidikan, berarti memang sudah masuk SAR asli. Dengan adanya kerja sama ini menunjukkan bahwa Kalla Group betul-betul ingin membantu masyarakat dalam pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana alam,” tuturnya.

Regional Manager KTI PT Panin Bank, Hudli Huduri, mengungkapkan, kesepakatan pengadaan bibit pohon tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakat. Panin Bank saat ini memang sangat membuka diri untuk bekerja sama dalam penanaman pohon, seperti trembesi, ketapang kencana dan palem.

“Kita bekerjasama hingga ke sekolah-sekolah sekaligus mengedukasi pelajar bagaimana memenuhi Ruang Terbuka Hijau di Kota Makassar dan saat ini kami juga bekerja sama dengan Kalla Group. Dengan adanya kerjasama ini, kita dapat berbuat lebih untuk masyarakat yang tentunya bermanfaat bagi kita juga. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa kita tingkatkan secara terus-menerus,” tuturnya.

Pada Desember 2021, KALLA juga baru saja meneken nota kesepahaman bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar. Kerja sama tersebut dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok di dua mal, yaitu NIPAH dan Mal Ratu Indah (MaRI).

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Kalla Group, masyarakat dapat berkunjung ke Instagram @KallaGroup, Facebook Fanpage di Kalla Group, Twitter di @KallaGroup_ID, dan Youtube Channel di Kalla Group. Atau dapat menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103.(*)