KALLA Raih Penghargaan Nasional CSR SDGs Kategori Energi Bersih dan Terjangkau

Minggu, 09 Juli 2023 | 22:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – KALLA kembali lagi mendapatkan penghargaan nasional berkat pencapaian perusahaan dalam Corporate Social Resposibility (CSR) melalui gelaran Nusantara Award 2023. Penghargaan CSR nasional tahunan yang digelar oleh La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta pada 5 Juli 2023.

KALLA meraih predikat Sangat Baik pada program CSR pada kategori Energi Bersih dan Terjangkau melalui Program “Kampung Hijau Energi: Berdayakan Komunitas Desa Hasilkan Energi Bersih dan Terjangkau yang terintegrasi dengan pertanian ramah lingkungan”. Program tersebut dinilai memberikan dampak positif, inovatif, serta mudah untuk diterapkan dan diukur.

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah, KALLA berhasil mendapatkan apresiasi nasional dibidang CSR. Penghargaan ini merupakan hasil kepedulian kita utamanya isu energi bersih dan terjangkau yang menjadi concern utama perusahaan kami yang diikuti dengan berbagai aksi korporasi salah satunya Program Kampung Hijau Energi yang memberdayakan energi ramah lingkungan di desa,” ungkap, Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Corporate Secretary, Legal dan Marketing Officer KALLA

Program Kampung Hijau Energi sendiri berangkat dari masalah tingginya tingkat ketergantungan warga desa untuk menggunakan gas komersil seperti LPG serta kurangnya pengetahuan warga desa mengenai energi bersih yang sangat melimpah di perdesaan mereka. Yayasan Hadji Kalla melakukan riset mendalam dan menemukan bahwa potensi energi hijau khususnya bioenergy-Biogas dan biofertilizer-Bio-slurry sangat besar khususnya di Wilayah Sulawesi Selatan yang di dominasi oleh sektor pertanian dan peternakan.

Selama 2022, Program Kampung Hijau Energi berhasil membangun 4 sarana digister biogas. Sarana intalasi biodigister ini juga telah menjadi sentra edukasi para warga desa dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan seputar biogas dan alternatif pengolahan lainnya dari kotoran hewan ternak.

Tidak hanya membangun sarama, Program ini berhasil melatih 40 orang kader komunitas di empat desa. Dimana sekitar 200 orang warga dari empat desa secara bersamaan telah mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan desa berbasis energi baru terbarukan, melalui kehadiran kebun contoh untuk aplikasi pupuk hasil produksi.

Program ini juga berhasil membaca potensi 10 Ha Kebun dengan Budi Daya ramah lingkungan dan Potensi produksi POC (Pupuk Organik Cair) 3 Ton per bulan dengan tambahan pendapatan bagi petani hingga 16 Juta Rupiah per bulan.

“Tidak hanya CSR, KALLA sangat peduli terhadap Energi Hijau (Green Energy) seperti pembangunan PLTA di berbagai titik di Indonesia yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Pembangunan property NIPAH PARK yang mendapatkan sertifikat hijau pertama di Indonesia Timur. Penghargaan ini tentu menjadi motivasi tambahan kami untuk terus berkarya dalam mendukung keberlangsungan hidup masyarakat,” lanjut, Subhan.

Nusantara CSR Awards edisi 2023 menjadikan Sustainable Development Goals sebagai pijakan untuk menilai dan menghargai berbagai inisiatif tanggung jawab sosial yang dilaksanakan perusahaan. Nusantara CSR Awards berhasil memperoleh sambutan luas di kalangan dunia usaha, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nusantara Award 2023 berhasil diikuti oleh 78 perusahaan dengan total 151 program CSR yang didaftarkan.

“Pemberian penghargaan Nusantara CSR Awards kali ini didahului penyelenggaraan Kongres Nasional CSR dan SDGs 2023 untuk menciptakan pemahaman bersama bagaimana perusahaan dapat secara aktif berpartisipasi mensukseskan SDGs yang sudah dipetakan oleh pemerintah,” kata La Tofi, chairman La Tofi School of Social Responsibility.

Selain KALLA, terdapat beberapa perusahaan nasional yang turut berpartisipasi antara lain PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT. Semen Indonesia (Tbk), PT. Pertamina Parta Niaga Regional Sumbagut, PT. Kalimantan Prima Persada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT. Tirta Investama Keboncandi Plant.

Tidak sampai disitu saja, KALLA akan terus berkontribusi dalam memberikan program-program CSR terbaik. Kontribusi tersebut akan dilanjutkan dalam ajang Indonesia BESAR atau Indonesia Best Social Responsibility Awards. Indonesia BESAR sendiri akan menilai kinerja bisnis perusahaan secara umum, ratio tenaga kerja, kesetaraan gender dan disalibitas serta kesehatan keuangan yang akan menentukan daya tahan perusahaan sebagai pembawa kesejahteraan, baik bagi masyarakat maupun lingkungan, termasuk cerita-cerita perubahan yang akan dihadirkan.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai KALLA, masyarakat dapat berkunjung ke Website kalla.co.id, Instagram @kallafriends.id maupun @KallaGroup, Facebook Fanpage di Kalla Group, Twitter di @KallaGroup_ID, dan Youtube Channel di Kalla Group. (*)


BACA JUGA