Kegiatan donor darah oleh GMTD dan PMI Makassar beberapa waktu yang lalu/Ist

Stok 1.748 Kantong Darah, PMI Makassar: Bisa Penuhi Kebutuhan Hingga 2 Pekan

Rabu, 05 Januari 2022 | 20:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar melaporkan stok kantong darah sejauh ini masih aman. Pasokannya pun mencapai 1.748 kantong.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua UTD PMI Makassar, Khudri Arsyad. Kata dia, stok tersebut bisa memenuhi kebutuhan hingga dua pekan kedepan.

pt-vale-indonesia

“Aman sampai 2 pekan ke depan kecuali komponen Trombosit atau TC,” ungkap Khudri, Rabu (05/01/2022).

Lebih jauh, Khudri menjelaskan bahwa PMI Makassar terus mendorong agar stok terus bertambah di tengah pandemi. Salah satunya dengan menggelar kegiatan donor darah.

“Kalau situasi sekarang hampir setiap minggu sudah terjadwal 4 sampai 6 agenda dalam sepekan,” ucapnya.

Di setiap kegiatan donor darah tersebut, kata Khudri, pihaknya bisa mengumpulkan kantong darah hingga ratusan. “Bervariasi tergantung target panitia, yang jelas di atas 30 sampai ratusan,” tukas Khudri.

Khudri pun mengimbau agar masyakarat tidak takut untuk mendonor darahnya. Apalagi kalau melihat jumlah penduduk Makassar itu 1,7 juta jiwa, tapi baru 350 ribu orang baru mendonorkan darahnya.

“Di era modern saat ini masyarakat harus mengetahui bahwa donor darah itu tidak hanya menolong nyawa sesama tetapi juga dapat dijadikan sebagai gaya hidup sehat,” tukasnya.(*)


BACA JUGA