Karantina Pertanian Makassar turut serta dalam pelepasan ekpor yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Sulsel di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (10/01/2022)/Ist

Karantina Pertanian Makassar Sertifikasi Cengkeh dan Pala Rp1,7 Miliar

Rabu, 12 Januari 2022 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- Karantina Pertanian Makassar turut serta dalam pelepasan ekpor yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Sulsel. Bertempat di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (10/01/2022).

Karantina Pertanian Makassar melakukan sertifikasi atas komoditas pala dan cengkeh. Adapun volume total sebesar 15 Ton.

Rinciannya, pala sebanyak 7500 kg dan cengkeh sebanyak 7500 kg dengan total nilai ekspor Rp1,7 Miliar rupiah. Berikut dengan Rusia sebagai negara tujuan ekspor.

“CV. SMS sendiri menjadi perusahaan yang melakukan launching ekspor perdana di tahun 2022 ini,” ungkap ungkap Kepala Disdag Sulsel, Ashari Fakhrisie Radjamilo.

Sebagai eksportir baru, pihaknya melakukan ekpor ke negara Rusia sebagai negara perdana yang mengekspor komoditas Pala dan Cengkeh asal Sulsel di 2022,” tambahnya.

Sebagai UPT di bawah Kementerian Pertanian, Karantina Pertanian Makassar akan terus melakukan upaya-upaya terbaik. Termasuk yang mendukung program gerakan tiga kali eksport (Gratieks).

Salah satunya adalah bersinergi dengan instansi-instansi di lingkup Pemprov Sulsel. Itu dalam hal percepatan ekspor komoditas pertanian.(*)


BACA JUGA