Puluhan Mahasiswa Poltekkes Magang di PMI Makassar, Ini Tujuannya

Senin, 17 Januari 2022 | 23:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI menerima mahasiswa magang praktik klinik manajemen bencana dari Prodi DIII Keperawatan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Makassar. Bertempat di Markas PMI Makassar, Jalan Kandea, Senin (17/01/2022).

Praktik klinik ini diikuti sebanyak 95 orang dan terbagi dua gelombang, yakni gelombang pertama berjumlah 47 orang dan gelombang kedua berjumlah 48 orang. Ini akan berlangsung selama dua pekan.

pt-vale-indonesia

Program praktik klinik keperawatan manajemen bencana ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan. Juga kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan asuhan keperawatan pada situasi bencana baik pada fase pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana.

Syamsu Rizal MI menyampaikan apresiasinya. Sebab, telah menjadikan PMI Makassar sebagai salah satu tempat magang praktik manajemen bencana.

“Saya berharap adik adik semua ini bisa menjadi kader kader kemanusiaan yang mengambil peran ditempatnya masing masing dengan baik dan maksimal,” kata Deng Ical, sapaan akrabnya.

Deng Ical juga meminta mahasiswa untuk menyebarkan pengetahuan di PMI Makassar. “Karena kami disini adalah orang orang yang belum punya kemampuan yang maksimal, sehingga adanya adik adik ini membuat teman teman disini bisa saling bertukar fikiran atau sharing resource,” tuturnya.

“Sekali lagi selamat datang adik adik teman mahasiswi poltekkes kemenkes Makassar. Semoga kita semua bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik,” tambah Deng Ical.

Sementara itu, Dosen Pendamping Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Makassar, Sukma Saini berharap dengan adanya kegiatan praktik klinik ini mahasiswi bisa mendapatkan pengalaman nyata di PMI Makassar. Apalagi ini pertama kalinya mahasiswi turun ke lapangan.

Selama ini mereka hanya bergelut di kampus. Dan mendapatkan gambaran manajemen bencana dan kesiapsiagaansiagaan dalam menghadapi kondisi bencana.

Olehnya, dengan adanya praktik klinik ini diharapkan mereka bisa menguasai konsep dasar manajemen bencana. Dan melakukan penanganan korban di lapangan.

“Sehingga ketika mereka sudah kembali ke keluarga masing masing, dan minimal ke masyarakat itu bisa mensharing ilmu manajemen bencana yang didapatkan itu selama magang di PMI,” ucapnya.

Ia juga berharap kedepannya kerjasama antara PMI Makassar dan Poltekkes Makassar ini bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Sehingga, hal ini bisa menjadi praktik utama mahasiswa kita di jurusan manajemen bencana.(*)


BACA JUGA