BKKBN/Internet

Di Sulsel, BKKBN Perkenalkan Pil KB Bagi Ibu Menyusul

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkenalkan Pil KB Progrestin atau pil untuk ibu menyusui. Produk ini juga diperkenalkan di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menyatakan, pil KB yang diluncurkan tersebut dimaksudkan menurunkan angka tidak ber-KB. Apalagi alasannya karena menyusui. Hal itu demi mencegah juga angka stunting.

Pil KB berisi hormon progestin tersebut tidak mempengaruhi produksi ASI dan tidak menganggu kelancaran pemberian ASI eksklusif. Menyusui secara eksklusif memang bisa menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan terutama selama enam bulan pertama setelah melahirkan.

“Namun, untuk meredam kekhawatiran, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan alat dan obat kontrasepsi demi meminimalisir kehamilan kembali setelah melahirkan,” ujar Hasto, Rabu (19/01/2022).

Dari data penelitian, 42 persen ibu pasca persalinan tidak bersedia menggunakan KB. Olehnya, BKKBN mendorong agar mereka tidak perlu khawatir lagi untuk mengikuti program tersebut melalui penggunaan Pil KB Progrestin.

“Bermacam alasan ibu pasca persalinan tidak menggunakan KB adalah merasa tidak aman karena sedang menyusui bayi serta takut mengganggu aktivitas mereka dalam merawat bayi,” lanjutnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani mengaku jika pihaknya menyediakan pil KB yang hanya berisi hormon progestin. Sehingga, tidak mempengaruhi produksi ASI dan tidak menganggu kelancaran dalam pemberian ASI Eksklusif.

“Pada tahun 2021 sudah 30 provinsi menyediakan pil progestin. Tahun 2022 hanya 3 provinsi yang mengajukan pengadaan pil progestin tersebut,” tutup Andi Ritamariani.(*)


BACA JUGA