RTH di Makassar Tiba-tiba Bertambah, DLH: Dulunya Belum Terhitung

Selasa, 01 Februari 2022 | 23:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencatat total ada 9,07 persen lahan terbuka hijau (RTH) di Kota Makassar. Presentase ini menunjukkan adanya penambahan lahan RTH sekitar 1.48 persen dari sebelumnya hanya berkisar 7,59 persen.

Kepala Bidang RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Novi mengatakan, persentase luasan RTH ini bukan disebabkan adanya RTH baru. Namun, ada pembaruan data RTH dari yang sebelumnya.

pt-vale-indonesia

“Tahun ini kami dibantu oleh tim dari Center of Technology Universitas Hasanuddin. Total luasan RTH sekarang itu 9,07 persen,” ujarnya, Selasa (01/02/2022).

Ia mengatakan, ada beberapa lahan RTH sebelumnya belum terhitung. Sehingga, baru tercatat saat ini.

“Makanya kenaikan ini jangan diinterpretasikan bahwa ada penambahan luas RTH, tapi ada yang dulunya belum terhitung, sekarang sudah terhitung,” imbuhnya.

Proses perhitungan luasan RTH dilakukan menggunakan interpretasi citra satelit. Setelah itu, diverifikasi kembali di lapangan bersama pemerintah kecamatan dan kelurahan.

Hal ini mengingat setiap kali proses perhitungan luasan RTH dilakukan, lahan privat warga juga sering terhitung. Akibatnya, mereka keberatan sebab tidak bisa memanfaatkan lahannya sendiri.

“Jadi data RTH yang ada itu kami share dengan kecamatan dan kelurahan. Kami undang mereka rapat koordinasi untuk mereka kroscek apakah datanya sudah selesai atau belum. Karena kami takutnya ada data RTH yang belum termasuk di situ,” tukasnya.(*)


BACA JUGA