Gegara Cuaca Buruk Terus-Menerus, BPBD Makassar: 12 Pohon Tumbang

Sabtu, 24 Desember 2022 | 17:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Cuaca buruk di Kota Makassar terus berlanjut. Akibatnya, pohon tumbang kembali terjadi di beberapa titik.

BPBD Makassar melaporkan bahwa ada 12 pohon yang tumbang hingga pukul 09.00 WITA, Sabtu (24/12/2022). Penyebabnya adalah angin kencang yang disertai hujan terus menerus.

pt-vale-indonesia

“Ini adalah update sementara pohon tumbang,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin.

Pohon tumbang itu terjadi di beberapa titik. Terbanyak ada dua di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala.

Terparah, pohon besar yang tumbang di Jalan Sungai Larian, Kelurahan Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang. Di mana tercatat ada lima korban yang saat ini dalam perawatan rumah sakit, salah satunya Fitri di RS Pelamonia.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar melalui Unit Reaksi Cepat (URC) sejauh ini masih berjibaku melakukan penanganan terhadap pohon tumbang. Agar tidak ada korban lagi.

“Petugas full tim untuk penanganan pohon tumbang sejak kemarin, Jumat (23/12/2022),” ucap Kepala DLH Makassar, Aryati Puspasari Abady.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto juga telah menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk siap siaga banjir. Ia meminta mereka segera merespon keluhan dan bencana yang terjadi.

“Siaga banjir karena tepat di waktu pasang tertinggi terjadi hujan lebat melanda kota makassar, semua SKPD dan semua perangkat terkait segera bersiaga, dan selalu berdoa agar musibah ini tidak terjadi,” tutup Danny.(*)


BACA JUGA