Duta donor darah, Fadly Padi bersama Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI saat mendonorkan darahnya di peringatan donor darah sedunia, Senin (14/06/2021)/Ist

PMI Makassar Mulai Antisipasi Stok Menipis di Bulan Ramadan

Rabu, 02 Februari 2022 | 23:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar terus menggenjot menambah stok kantong darah. Hal itu dilakukan demi mengantisipasi pasokan yang menipis saat bulan Ramadan nanti.

Sejauh ini, Wakil Ketua UTD PMI Makassar, Khudri Arsyad membeberkan bahwa agenda donor rutin dilakukan. Tiap harinya instansi atau lembaga diajak untuk mendonor.

pt-vale-indonesia

“Bahkan memang sudah dari awal rutin donor di PMI Makassar, jadi mereka (instansi) tentukan jadwalnya,” ucap Khudri, Rabu (02/02/2022).

Pihaknya, tambah Khudri, berupaya bisa mendapatkan kantong darah minimal 100. Dengan estimasi tersebut, pasokan dari PMI Makassar bisa terus aman bahkan saat memasuki bulan Ramadan.

“Untuk dapatkan jumlah segitu, mungkin ada 3 sampai 4 instansi yang bisa mendonor dengan mendatangkan pendonor yang banyak,” ucap Khudri.

Upaya itu, Khudri mengaku bahwa harus dilakukan mengingat saat Ramadan, pihaknya sulit mendapatkan pendonor. Alasannya pun beragam.

“Yang paling banyak itu biasa karena kalau bulan puasa itu khawatirnya lemas setelah donor,” tukas Khudri.(*)


BACA JUGA