Bendahara Umum HIPMI Sulsel, Azlan Syahreza menjadi narasumber dalam Temu OSIS yang digelar oleh Unibos di Auditorium Aksa Mahmud Unibos, Rabu (09/02/2022)/Ist

Temu OSIS di Unibos, Bendahara HIPMI Sulsel Beri Motivasi Jadi Pengusaha

Jumat, 11 Februari 2022 | 21:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Sulsel, Azlan Syahreza menjadi narasumber dalam Temu OSIS yang digelar oleh Universitas Bosowa (Unibos). Bertempat di Auditorium Aksa Mahmud Unibos, Rabu (09/02/2022).

Azlan sendiri membawakan materi tentang Gen Z vs Everybody. Dalam pemaparannya, ia menekankan bahwa siswa SMA atau SMK bisa juga mulai bergelut menjadi pengusaha.

pt-vale-indonesia

Untuk menjadi pengusaha, disampaikan Azlan, para siswa lebih dulu berfokus mengenyam pendidikan. Seiring dengan itu, mereka juga akan mendapatkan hal-hal penting untuk mendorong mereka sebagai entrepreneur.

“Jadi pendidikan dan usaha itu sama-sama pentingnya, tidak bisa dipisahkan. Pendidikan lebih dulu karena itu adalah dasar bagi kita untuk usaha biar tidak dibodohi,” ujarnya.

Pun, kata Azlan, mereka juga mesti membangun jaringan sejak dini. Para siswa sudah harus mulai bisa mencari relasi sebanyak mungkin agar bisa mendorong usahanya sukses.

“Yang menentukan kesusksesan itu adalah relasi, jadi bagaimana kita memiliki relasi yang banyak dan bisa membantu kita dalam usaha. Bukan ditentukan dari punya gedung yang tinggi atau besar,” sambungnya.

Terakhir, pemilik usaha PT Indo Duaribu Sembilan (DILAN) ini menyebut ada lima tips yang mesti diingat oleh para siswa. Beberapa diantaranya yang penting adalah dukungan dari orangtua dan niat atau persiapan yang matang.

“Kemauannya pekerja jangan sampai kalah, langsung menyerah. Harus jatuh lalu bangkit lagi, kita evaluasi. Juga kepercayaan diri, tidak boleh minder. Kita harus punya semangat lebih,” tukasnya.(*)


BACA JUGA