PD RPH Makassar menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa Hotel dan Market Modern. Hal ini banyaknya pemesanan daging segar yang diterimanya dalam bulan Februari 2022/Ist

PD RPH Makassar Gandeng Hotel Salurkan Daging Segar

Jumat, 18 Februari 2022 | 23:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa Hotel dan Market Modern. Hal ini banyaknya pemesanan daging segar yang diterimanya dalam bulan Februari 2022.

“RPH Makassar memotong Sapi Brahman Cross yang diambil dari ternak di Kabupaten Sidrap 8 ekor Sapi. Dagingnya sudah dipasarkan di market modern seperti Hotel,” kata Penjabat Direksi PD RPH, Syafrullah.

pt-vale-indonesia

Kedepannya, papar Mantan PD Pasar Makassar, ia berharap agar kiranya inovasinya dapat terlaksana dengan baik. Tanpa ada kendala.

“Daging segar kami sudah diapresiasi seperti pemotongan dan pengulitan higenis oleh Kadis dari Provinsi Sulsel. Beliau datang melihat cara pemotongan hingga dikemas,” paparnya.

Saat ini, lanjut Syafrullah, pihak PD Rumah Potong Hewan Makassar masih menunggu keluar Peraturan Walikota (Perwali). Itu tentang Bisnis Distribusi Daging.

“Kalau itu ada (Perwali, red), percepatan dan penataan BUMD bisa segera mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kota Makassar,”tutur Penjabat Direksi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Sulsel, Abdul Azis menyampaikan, pada prinsipnya membangun Rumah Potong Hewan ini tentunya tidak cepat sempurna. “Karena kita harus membenahi mulai sarana dan prasarana,” jelasnya.

Sehingga aspek pengelola harus ditingkatkan di RPH Makassar untuk suatu kemajuan dengan pemotongan. “Alhamdulillah mulai cara pemotongannya sudah dilakukan dengan Halal dan Higenis,” tuturnya.

Demikian itu, lanjutnya, dengan sarana harus disempurnakan dan sisa melengkapi kekurangan. “Kedepannya kita harus mensosialisasikan pemotong bisa terpusat di RPH Makassar. Agar kira bisa menjamin prodak daging higenis dan halal,” tandasnya.(*)