Ekspor Nusantara, Balai Karantina Pertanian Makassar Target Rp350 Miliar

Kamis, 17 Maret 2022 | 23:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Balai Karantina Pertanian Makassar menargetkan Rp350 Miliar untuk persiapan Ekspor Nusantara. Rencananya kegiatan itu akan digelar pada 24 Maret nanti.

Demikian disampaikan Kepala Balai Karantina Pertanian Makassar, Lutfi Natsir. Kata dia, Ekspor Nusantara ini akan berlangsung secara serentak di 49 pintu pelepasan ekspor.

pt-vale-indonesia

Target nasional sebesar Rp17 Triliun seluruh Indonesia. Sulsel menargetkan Rp350 Miliar.

“Akan melakukan Nusantara Eksport di 24 Maret 2022. Secara Luring dengan 49 UPT Karantina Pertanian se-Indonesia. Target kita membangun pelaku usaha agribisnis,” ujarnya, Selasa (15/03/2022).

Lebih lanjut, Lutfi mengatakan target Eskpor Nusantara untuk Balai Karantina Pertanian Makassar baru mencapai Rp273 miliar data. Itu untuk per 1 sampai 14 Maret 2022.

“Rp17 T di seluruh Indonesia. Jadi 1 maret sampai 14 sudah Rp273 Miliar dari 10 komoditas andalan Sulsel. Data perhari di pelabuhan dan bandara Rp25 M sampai Rp35 M,” sebutnya.

“Kita punya potensi ekspor di Sulsel sangat luar biasa. Kami ada pendampingan juga dengan petani kita. Kami MoU dengan petani dan eksportir,” tambah Lutfi.

Sementara itu, Koordinator karantina tumbuhan Nuni Ujiani mengatakan potensi unggulan di Sulsel, masih didominasi kacang mede, cengkeh, kopi dan kakao. “Seluruh komoditas dari Sulsel itu dari Kabupaten, Bantaeng, Bone, Gowa, Pangkep, Sinjai dan Takalar. Data ekuypas sampai 24 Maret itu 20,63 Ton,” jelasnya

Ada beberapa negara tujuan. Diantaranya, Cina, Australia, Jerman, India, Jepang, Malaysia, Taiwan, Uni Emirat Arab dan Amerika.(*)


BACA JUGA