Guru SD Islam Athirah 2 Makassar Lulusan Program Doktor Unhas Raih Dua Penghargaan

Minggu, 20 Maret 2022 | 15:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Asriana Abdullah, wisudawati dari program studi Kesehatan Masyarakat meraih prestasi sebagai alumni terbaik tingkat Universitas dan lulusan terbaik tingkat Fakultas program studi Doktor Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas). Hal itu diketahui pada wisuda periode III tahap II Tahun Akademik 2021/2022 pada Selasa (15/3/2022).

Guru SD Islam Athirah 2 Makassar mengantarkan dirinya meraih gelar doktor dan memperoleh IPK 3.96 atau predikat Sangat Memuaskan. Adapun dengan lama studi 3 tahun 6 bulan, serta mendapatkan dua penghargaan sekaligus.

Ibu kelahiran Ujung Pandang, 07 Agustus 1984 ini mengungkapkan bahwa keberhasilan yang didapatkannya setelah melewati perjalanan panjang dan. rintangan. Juga disertai dengan manajemen waktu yang baik.

“Penghargaan ini merupakan prestasi yang diperoleh dengan perjalanan panjang yang tentunya membutuhkan manajemen waktu yang baik, fokus, dan memperkuat silaturahim kepada sesama. Proses yang dilalui menuntut akan kesabaran dan keikhlasan. Prestasi yang dicapai ini melibatkan begitu banyak pihak sehingga prestasi ini merupakan prestasi bersama untuk sivitas akademika Unhas, keluarga, kolega, masyarakat, dan keluarga besar Sekolah Islam Athirah,” ungkapnya, Jumat (18/03/2022).

Wanita berkacamata yang mengangkat judul disertasi “Determinan Disfungsi Enterik Lingkungan pada Ibu Hamil Terhadap Berat Badan Lahir Bayi di Makassar” ini, berbagi tips antara mengurus rumah tangga, mengajar, dan menyelesaikan studi. Adalah dengan pandai-pandai dalam memanajemen waktu, fokus, tidak menunda-nunda pekerjaan, serta memperbaiki hubungan kepada Allah dan sesama manusia.

Lebih lanjut, ia juga berbagi tips dan trik dalam belajar. “Belajar dapat dilakukan di mana saja tidak terbatas oleh ruang dan waktu, di sela-sela mendampingi anak bermain di saat itu saya juga menyempatkan untuk belajar, menyiapkan buku catatan yang mana terkadang terbersik ide-ide cemerlang yang dituangkan ke dalam buku tersebut. Selain itu, menyiapkan papan tulis khusus untuk mengagendakan proses perkuliahan yang harus dilalui dan berusaha memenuhi target yang telah diagendakan,” tuturnya.

“Menyelesaikan tugas kuliah yang dari luar negeri seperti oral presentation di konferensi internasional, menerbitkan jurnal internasional yang membutuhkan waktu yang terbilang lama, dan yang tidak kalah penting adalah memperbaiki hubungan dengan Allah Ta’ala, serta menjaga interaksi yang sopan dan santun kepada dosen-dosen penguji dan sivitas akademika,” imbuhnya.

Terakhir, ia berpesan khususnya kepada keluarga besar SD Islam Athirah 2 Makassar untuk terus belajar. Sebagaimana yang terkandung di dalam surah Al-Mujadilah ayat 11, bahwa Allah akan mengangkat derajat seseorang yang terus belajar dan menuntut ilmu. Jadilah pembelajar sejati.

Diketahui, Asriana Abdullah merupakan lulusan S1 FMIPA jurusan Biologi Unhas tahun 2003, lulusan S1 ke-2 FMIPA jurusan Pendidikan Biologi UNM tahun 2010, dan lulusan S2 Biomedik Unhas tahun 2014. Serta yang terakhir lulusan S3 Kesehatan Masyarakat Unhas tahun 2022. (*)


BACA JUGA