Dinsos Makassar Segera Bebaskan Lahan Bangun Liponsos Balla Passili

Jumat, 25 Maret 2022 | 16:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) bernama Balla Passili akan segera dibangun di Kota Makassar. Sebagai langkah awal, Dinas Sosial (Dinsos) akan membebaskan lahan lebih dulu untuk pembangunannya.

Kepala Dinsos Kota Makassar, Aulia Arsyad menyampaikan bahwa ada beberapa opsi lokasi lahan yang akan dibangun Liponsos. Salah satunya di belakang Universitas Hasanuddin (Unhas).

pt-vale-indonesia

“Masih sementara pengecekan lahan di belakang Unhas. Apakah layak di sana atau tidak. Nanti kita melihat dulu,” ujarnya, Jumat (25/03/2022).

Pihaknya, kata dia, tidak serta merta membebaskan lahan. Sejumlah pertimbangan menjadi acuan, seperti luas lahan mesti memadai sehingga Liponsos yang dibangun menjadi tempat nyaman untuk merehab Penyandang Masalah Kesenjangan Sosial (PMKS).

“Belum ada posisinya. Harus ada beberapa lokasi yang dibandingkan mana yang paling layak,” tambah Mantan Camat Tallo ini.

Sedangkan anggaran untuk pembebasan lahan itu, Dinsos Makassar telah menyiapkan Rp4,1 Miliar. “Lahannya baru mau dibebaskan tahun ini,” ucapnya.

Aulia Arsyad meyakini Liponsos menjadi solusi efektif untuk merehabilitasi para PMKS seperti anak jalanan (Anjal) dan gelandangan pengemis (Gepeng). Ia berharap mereka setelah direhab tidak lagi mencari nafkah melalui pekerjaan tersebut.

“Seandainya ada liponsus, saya kira masalah anjal itu bisa selesai karena sekarang ini kan kendalanya tidak ada tempat pembinaannya,” lanjutnya.

Sejauh ini, Aulia Arsyad mengaku telah merampungkan dokumen perencanaan untuk pembangunan Liponsos. “Sementara kami bikin dokumen perencanaan dulu. Nilai tanah kita serahkan ke tim apresial. Bukan kita yang menentukan,” tukasnya. (*)


BACA JUGA