Personel Gabungan Razia Kamar Napi Narkotika Sungguminasa, Ini Temuannya

Jumat, 22 April 2022 | 19:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Personel gabungan dari Polres Gowa, Kodim 1409 Gowa dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Sungguminasa melakukan razia di kamar warga binaan.

Dalam razia yang dimulai pukul 21.00-23.00 Wita belum lama ini, petugas gabungan memeriksa setiap blok, ruangan, kamar para warga binaan Pemasyarakatan (WBP).

pt-vale-indonesia

“Dalam razia ini kita temukan beberapa barang tidak boleh dimiliki warga binaan. Terkait temuan ini kedepan kita akan diperketat lagi pengawasan,” kata Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa, Andi Mohammad Syarif yang memimpin Razia.

Kalapas juga mengungkapkan dalam razia ditemukan barang yang dilarang dalam lapas, seperti gunting, sendok, garpu kabel serta charger Handphone di kamar hunian warga binaan.

“Saat razia kita temukan, sendok, garpu, kabel gunting. Ini tentu barang yang dapat membahayakan, namun kita tidak menemukan handphone dan barang terlarang seperti narkoba,” ungkapnya.

Selain itu, Kalapas menjelaskan razia ini adalah agenda rutin yang juga merupakan program Direktorat jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham dalam rangka memperingati hari Bhakti pemasyarakatan yang ke-58.

“Untuk kegiatan razia sebenarnya intens kita lakukan. Tujuannya bagaimana kita tingkatkan sinergitas bersama pihak terkait dan yang paling penting komitmen kita bagaimana bersama-sama memberantas peredaran dan penyalahgunaan Narkotika di dalam Lapas,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Suwandi menjelaskan warga binaan yang menghuni lapas mencapai 1.131 orang.

Dia menjelaskan pelaksanaan razia merupakan salah satu cara menciptakan suasana keamanan dan ketertiban yang kondusif di dalam lapas.

“Mewujudkan Kamtibmas dalam Lapas salah satunya kita lakukan razia. Tentunya pengawasan akan terus kita tingkatkan,” tambahnya.

Selanjutnya kata Suwandi, seluruh barang bukti yang berhasil disita dari ruangan kamar milik warga binaan selanjutnya akan dimusnahkan.(*)


BACA JUGA