Pecahkan Rekor, PMI Makassar Terima 363 Permintaan Kantong Darah dalam Sehari

Jumat, 13 Mei 2022 | 12:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar mendapat banyak permintaan darah. Tidak seperti hari hari biasanya dari beberapa mitra rumah sakit.

Biasanya itu paling maksimal PMI melayani 250 kantong darah. Tapi, Rabu (11/05/2022) lalu, PMI Makassar membuat rekor dengan melayani 363 kantong darah dari mitra rumah sakit.

Kendati begitu, PMI Makassar memenuhi seluruh permintaan itu. Hal ini berkat bantuan relawan donor darah, pahlawan kemanusiaan dan mitra donor darah PMI yang selalu hadir membantu menjaga ketersediaan stok darah di PMI Makassar.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, mengajak seluruh pahlawan darah di mana pun mereka berada untuk unjuk bakti terhadap sesama. “Karena setetes darah sangat membantu saudara saudara kita yang terbaring di rumah sakit. Untuk itu, Mari saling peduli dan berbuat untuk sesama,” ucapnya.

Sementara, Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Makassar, Khudri Arsyad menilai permintaan kantong darah sebanyak itu memecahkan rekor di PMI Makassar. Ini menurutnya tidak terlepas kepercayaan pasien dan mitra rumah sakit terhadap PMI Makassar.

Kepercayaan tersebut dibuktikan dengan memberikan kepuasan pada masyarakat terutama pada pelayanan. Dan ditunjang dengan kualitas darah yang baik.

“Ini suatu gambaran pentingnya memastikan kualitas darah dan keamanan darah melalui cara pembuatan obat yang benar (CPOB). Dan UTD PMI Makassar sudah mendapatkan sertifikat CPOB BPOM RI sejak tahun 2018,” kata Khudri.

Selain itu, Mantan Ketua Ombudsman Kota Makassar ini mengaku PMI Makassar kembali menerima permintaan stok darah sebanyak 120 kantong darah dari UTDRS Timika. “Insyah allah besok kita akan kirim lagi darah ke Timika,” tukasnya. (*)


BACA JUGA