Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PMI Makassar dan INLA Sulsel Jernihkam Kanal Pabaeng-baeng

Minggu, 05 Juni 2022 | 22:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PMI Makassar bekerjasama dengan International Nature Loving Association (INLA) Indonesia melakukan kegiatan penjernihan kanal dengan Eco Enzyme. Bertempat di Kanal Pabaeng Baeng, Kecamatan Rappocini, Minggu (05/06/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia. Adapun tema yang diangkat “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

pt-vale-indonesia

Hadir dalam penjernihan kanal ini, Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal, Sekertaris PMI Makassar Abdul Gafur, Kepala Markas PMI Syahrir Sanusi dan relawan PMI. Serta Ketua INLA Sulsel, Nelly Suciady.

Penjernihan air kanal ini dilakukan dengan cara penuangan Eco Enzyme ke kanal secara bersamaan. Menyusul dikuti juga perwakilan masyarakat setempat.

Dalam penjernihan kanal ini sebanyak 30 botol. Atau setara dengan 100 liter Eco Enzyme yang digunakan.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, mengatakan aksi sosial penjernihan kanal Pabaeng-baeng ini untuk meminimalisir pencemaran yang ada. Untuk itu, dirinya berharap masyarakat bisa lebih sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua bisa hidup sehat dan nyaman.

“Kita mulai dengan aksi kecil ini untuk menjaga lingkungan hidup kita agar semua tetap sehat,” ujar Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Ditempat yang sama, Ketua International Nature Loving Association (INLA) Sulsel Nelly Suciady mengatakan, kegiatan penjernihan kanal ini dilakukan dengan cara penuangan Eco Enzyme. Itu untuk membangkitkan kembali kesadaran kita untuk selalu peduli terhadap lingkungan.

“Hari ini kita bersama PMI Makassar melakukan penuangan Eco Enzymes di kanal. Jadi kita buang Eco Enzyme di kanal nanti dia mengikuti air mengalir dan disitu dia mensterilkan air. ini sangat bagus sekali,” katanya.

Menurutnya, Eco Enzyme ini adalah cairan yang diolah dari sisa sisa sampah dapur rumah tangga atau sampah organik yang memiliki banyak manfaat. “Jadi manfaatnya ini selain untuk menjernihkan air, juga befungsi sebagai disinfektan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA