Koordinator Pengawas Disdik Gowa Buka Pentas Seni di SMPN 1 Sungguminasa

Senin, 20 Juni 2022 | 20:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa, H. Sahruddin, hadir secara langsung membuka Pentas Seni Gerakan Mari Cinta Membaca dan Numerasi, Google dan WhatsApp atau yang disingkat Pentas Seni Gamacca Na Gowa yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sungguminasa Gowa. Bertempat di Aula SMPN 1 Sungguminasa Gowa pada Senin (20/06/2022).

Pentas seni tersebut juga dihadiri oleh Koorwas Pendidikan dan Ketua Komite SMPN 1 Sungguminasa, Rustam Suddin. Selain itu, turut hadid juga Pembimbing Program Ajar, Abdullah, dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang menjalankan praktek lapangan di SMPN 1 Sungguminasa.

pt-vale-indonesia

Kepala SMPN 1 Sungguminasa, Bakri Rani, dalam sambutannya mengatakan, sangat berbangga dan mengapresiasi kegiatan yang berlangsung hingga hari Kamis (23/6) yang merupakan momen final penilaian antar siswa-siswinya yang turut mengambil bagian.

“Pentas Seni Gamacca Na Gowa ini, tidak dan bukan hanya sebatas internal SMPN 1 Sungguminasa, bahkan akan dikembangkan dan meluas secara eksternal,” ujarnya.

Daeng Rani sapaan akrab Bakri menyebutkan, bambu salah satu sumber bahan baku kertas melambangkan sumber ilmu dan secara historis kemerdekaan negara Republik Indonesia (RI) merupakan salah satu senjata dalam mengusir penjajah di negeri ini, juga bagian pelestarian kearifan lokal dalam proses pembelajaran menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter yang dibingkai dalam komunitas, Siri Na Pacce.

“Pemaknaan gamacca sebagai salah satu sumber bahan baku dari bambu berbentuk anyaman saling mengikat satu sama lain membangun kekuatan kolaborasi dalam mencapai tujuan yang dilandasi semangat kebersamaan yang indah saling melengkapi dan menutupi,” tutup Bakri.(*)


BACA JUGA