Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan bonus bagi atlet dan pelatih yang berprestasi pada POPDA 2022 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (04/07/2022)/Ist

Ukir Prestasi Di POPDA, Pemkab Gowa Beri Bonus Atlet dan Pelatih

Senin, 04 Juli 2022 | 17:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2022 telah usai dilaksanakan dengan banyak raihan prestasi yang diukir oleh Kontingen asal Kabupaten Gowa.

Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Gowa berinisiatif untuk memberikan bonus bagi seluruh atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama daerah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (04/07/2022).

pt-vale-indonesia

“Olahraga itu selain untuk membuat tubuh kita sehat, juga bisa membawa nama harum daerah. Bahkan, jika kita ingin lagu Indonesia Raya dikumandangkan di negara lain hanya ada dua caranya, yakni ketika ada kunjungan Presiden RI dan kemenangan atlet di kompetisi internasional,” tutur Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya.

Menurutnya, kompetisi olahraga hari ini bukan hanya untuk kepentingan para atlet, tetapi juga ada perputaran ekonomi yang terjadi di sekitar perhelatannya.

“Makanya sekarang semua daerah maupun negara itu menyiapkan ruang terbuka hijau bagi masyarakatnya untuk selain ada interaksi antara satu dengan yang lainnya, itu juga menjadi sarana dan prasarana olahraga bagi atlet-atlet yang bisa membawa nama harum daerah masing-masing,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 30 orang yang terdiri dari 23 atlet dan 7 pelatih mendapatkan bonus dari Pemkab Gowa dengan besaran yang bervariasi sesuai prestasinya.

“Kita bersyukur atlet-atlet POPDA dari Gowa bisa meraih perolehan medali tertinggi kedua di Provinsi Sulsel setelah Kota Makassar. Dan bagi saya, atlet-atlet asal Gowa ini sudah menjadi juara 1. Mental atlet kita adalah mental juara,” tambah mantan Ketua Pertina Sulsel ini.

Lebih lanjut, Ketua PMI Provinsi Sulsel ini meminta untuk para atlet dan official agar tidak berpuas diri dulu. Harus terus mengasah kemampuan, terus berlatih, dan lebih rileks lagi ketika bertanding.

“Bonus ini bukan untuk dilihat nilainya. Tapi bonus ini untuk memberikan penegasan bahwa Pemkab Gowa hadir untuk memberikan apresiasi kepada para atlet dan juga official yang telah meraih prestasi. Kami berharap prestasi demi prestasi dapat terus diraih sehingga bisa membawa nama Kabupaten Gowa di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kontingen POPDA Kabupaten Gowa, Muh Fajaruddin menyampaikan bahwa Kontingen Kabupaten Gowa meraih medali di keseluruhan cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Dari 7 cabang olahraga yang dipertandingkan, Kontingen Kabupaten Gowa meraih 8 medali emas, 5 perak, dan 10 perunggu. Jadi total, kita mengumpulkan sebanyak 23 medali dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan,” ujar mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa ini.

Adapun bonus yang diberikan kepada atlet dan pelatih yang berprestasi sebesar masing-masing Rp2,5 juta rupiah untuk peraih medali emas, Rp1,5 juta rupiah untuk medali perak, dan Rp1 juta rupiah untuk medali perunggu. Sementara para pelatih juga mendapatkan bonus sebesar masing-masing Rp1 juta rupiah.

“Kami berharap para atlet untuk berlatih kembali dalam kesiapan menghadapi Pra-POPNAS di Kaltim dan POPNAS 2023 di Palembang dan Bangka Belitung. Kita dari Gowa, untuk Indonesia,” sambungnya.

Turut hadir menyaksikan pada penyerahan bonus ini, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, serta seluruh Kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA