PMI Kota Makassar bersama Koica melaksanakan kegiatan Edukasi Tanggap Bencana di Kantor Lurah Antang, Kecamatan Manggala selama 3 hari sejak tanggal 6 sampai 8 Juli 2022/Ist

PMI Makassar dan Duta Kemanusiaan Edukasi Masyarakat Tanggap Bencana di Manggala

Senin, 11 Juli 2022 | 15:40 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar bersama Korea Internasional Cooperation Agency (Koica) melaksanakan kegiatan Edukasi Tanggap Bencana. Agenda itu merupakan program Safey at Home.

Acara ini merupakan rangkaian dari program KOICA Safety At Home. Di mana berkolaboasi dengan PMI Makassar dan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

Kegiatan ini bertempat di Kantor Lurah Antang, Kecamatan Manggala. Kegiatan ini di pusatkan di Kecamatan Manggala selama 3 hari sejak tanggal 6 sampai 8 Juli 2022.

Hadir dalam acara ini, Ketua PMI Kecamatan Manggala, Staf PMI Makassar Fardi. Juga dari pemerintahan yakni Sekertaris Lurah Antang.

Ada beberapa materi edukasi yang dibawakan tim Duta Kemanusiaan dari Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Seperti dasar pertolongan pertama, penanganan pemadaman api, Covid-19 (Iminutas), kedaruratan medis, cidera jaringan lunak dan konsep sederhan Hira (Hazard, Identification, Risk, Assesment)

Pada kesempatan ini, anggota pemadam kebakaran yang juga relawan PMI melakukan praktek penanganan terhadap api. Misalnya, memadamkan api dengan menggunakan karun goni, apar dan memadamkan api yang muncul dari tabung gas.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal Mi, mengatakan kegiatan ini untuk memperkuat kapasitas warga dalam kesiapsiagaan dan tanggap bencana. Terkhusus bahaya kebakaran yang sering terjadi.

“Hal ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran dan lainnya tidak panik,” tutupnya. (*)


BACA JUGA