Deng Ical ke Peserta Sosialisai Pelayanan Darah: Rutin Berdonor, Tubuh Lebih Sehat

Jumat, 22 Juli 2022 | 14:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pelayanan Darah. Bertempat di Jalan Lasuloro Raya, Aula Puskesmas Antang, Kamis (21/07/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar. Kemudian diikuti puluhan kader kesehatan di wilayah tersebut.

Deng Ical–sapaan akrabnya mengungkapkan, rekrutmen donor darah itu bukan hanya tugas PMI dan pemangku kepentingan dibidang kesehatan. Namun, itu tanggungjawab seluruh warga negara Indonesia.

Ia mencontoh apabila ada keluarga atau teman yang membutuhkan darah pasti yang duluan ditanyakan untuk dicarikan stok darah. “Jadi kalau ada teman atau keluarga ta yang butuh darah bukan hanya kita yang disusahi tapi juga orang lain di minta tolongi,” katanya.

Maka dari itu, untuk memudahkan orang lain mendapatkan stok darah diharapkan partisipasi dan kepedulian semua. Itu untuk menyumbangkan darahnya.

“Karena kalau kita semua rutin donor darah maka ketersediaan darah di PMI jadi aman, dan sudah dipastikan semua masyarakat terlayani dengan baik tanpa harus buang energi hanya untuk mencari pendonor darah,” tuturnya.

Lanjut, memotivasi lain kita donor darah yang mesti ditanamkan selalu dalam diri itu. Selian itu untuk menolong orang lain adalah untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat.

“Dengan rutin donor darah itu berarti kita menolong diri kita sendiri dan terutama sekali ini memastikan bahwa kita tidak punya riwayat penyakit penyakit tertentu,” tutup Wakil Wali Kota Makassar periode 2014-2019 ini. (*)


BACA JUGA