Gandeng Koica, PMI Makassar Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana untuk Keluarga di Layang

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:03 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Warga Kelurahan Layang, Bontoala, Makassar antusias ikuti sosialisasi kesiapsiagaan bencana untuk keluarga. Kegiatan itu diadakan oleh PMI Kota Makassar dalam program KOICA for Keluarga Aman dan Tangguh (KUAT), Sabtu (30/07/2022).

Sebanyak 50 orang perwakilan keluarga yang berasal dari enam RW di Kelurahan Layang memadati Aula Kantor Lurah Layang di Jl. Tinumbu Lorong 149. Mereka pun mengikuti program kerjasama PMI dengan KOICA ini.

pt-vale-indonesia

Warga diberikan sosialisasi maupun edukasi terkait kesiapsiagaan, berbagi peran ketangguhan keluarga menghadapi gempa bumi. Serta dibimbing untuk mengisi daftar aksi kesiapan keluarga dan masyarakat menghadapi gempa.

“Daerah ini adalah wilayah padat penduduk. Jadi penting sekali bagi warga disini untuk paham dan tau strategi yang aman untuk melindungi anggota keluarganya dalam menghadapi bencana” ucap Abd Gafur selaku Sekretaris PMI Kota Makassar.

Selain edukasi tentang gempa bumi, terangnya, warga juga diajak mengikuti simulasi tentang cara tepat memadamkan api. Sehingga, tidak terjadi kebakaran dan pertolongan pertama kepada anggota keluarga yang teluka.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan semangat dan menguatkan solidaritas masyarakat, Abd. Gafur didampingi Fuad Harja, Bendahara PMI Kota Makassar menyerahkan bantuan 2 unit alat pemadam api ringan (APAR) dan 1 unit megaphone kepada Lurah Layang, Bahtiar.

Sementara pihak perwakilan Kelurahan Layang Bahtiar, menyampaikan terimakasih kepada PMI Kota Makassar. Sebab, telah memilih daerahnya untuk mendapatkan pengetahuan yang berharga ini.

“Yang disampaikan PMI sangat penting sekali untuk keselamatan warga. Kami selaku pemerintah daerah mendukung sekali kegiatan ini” katanya.

Dari laporan PIC kegiatan, Fardi, mengatakan bahwa program KOICA for KUAT di Kota Makassar ini akan dilaksanakan pada empat daerah berbeda. Adapun dengan total target 200 keluarga.

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut akan dilanjukan esok hari di Kelurahan Bara-baraya Timur, Kecamatan Makassar dan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya. Terakhir Senin (1/8/2022) yang dilaksanakan di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo. (*)


BACA JUGA