Politeknik Bosowa Sambut Mahasiswa Baru, Beri Topik Menyegarkan

Selasa, 20 September 2022 | 18:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Potensial atau Penyambutan Mahasiswa Baru periode akademik 2022/2023 di Aula Poltekbos, Senin (19/09/2022). Sekaligus pengenalan lingkungan kampus.

Potensial dilaksanakan selama 5 hari yakni Senin hingga Jumat. Adapun tema yang diusung adalah Restrukturisasi Sosial karakter dengan Kolaborasi Lebih Luas dan Sinergi Lebih Cepat di Era Digital Dalam Bingkai Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM).

pt-vale-indonesia

Pemilihan tema tersebut sebab menilai kegiatan PPKMB merupakan proses pembangunan karakter berkesinambungan. Di mana ditujukan pada generasi muda.

Direktur Poltekbos, Alang Sunding menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru. Pihaknya pun akan memberikan pengenalan dengan berbagai ragam kegiatan.

“Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa. Tujuannya menyesuaikan diri dengan ragam kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dapat meningkatkan potensi dan kreativitas dan inovasi diri mahasiswa,” ucapnya.

Pengenalan kehidupan kampus merupakan salah satu upaya proses percepatan adaptasi dan pembentukan pribadi mahasiswa yang utuh, berkualitas, dan sukses dalam studi. Juga siap menghadapi tantangan masa depan.

Kegiatan Potensial merupakan hasil dari kolaborasi. Itu antara antara dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Tak hanya itu saja, banyak topik-topik yang disajikan dalam Potensial. Diantaranya, Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Era Revolusi industri 4.0, Kehidupan Kampus pada Masa Pandemi, Kesadaran lingkungan Hidup, Manajemen Resiko, dan Kampus Sehat, Budaya akademik dan Tata tertib Mahasiswa di Poltekbos, Teori kehidupan berbangsa, bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Pengembangan karakter mahasiswa, Sebagai intelektual dan Anti Kekerasan, Induksi Yayasan Kanker Indonesia, Sosialisasi Program Studi, Sosialisasi UKM, Outbond, serta beberapa games menarik lainnya.

Ketua Panitia Potensial, Ulia Ridhani memaparkan Potensial wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru. Sehingga, mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran.

“Ini merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Juga mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” tukasnya.(*)


BACA JUGA