Dosen Unibos Bantu Masyakarat di Enrekang Kembangkan Inovasi Produk Roti

Senin, 26 September 2022 | 19:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

ENREKANG, GOSULSEL.COM – Sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos), M Tang melaksanakan Program Kemitraan Mahasiswa (PKM). Ia membantu masyarakat kembangkan inovasi roti manis desa Salodua, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Senin (26/09/2022).

Kegiatan ini kerjasama dengan Usaha mikro Kecil Menengah (UMKM) skala rumahan. Ialah Fatur Bakery.

Dalam kegiatan ini melibatkan beberapa unsur. Termasuk pemerintah setempat, karyawan home industri dan mahasiswa.

Program ini dilakukan dengan pembiayaan dari Kemdikbud Ristek. Yakni dalam hal ini Direktorat Riset, Teknologi dan pengabdian kepada masyarakat (DRTPM).

Di sana, ia memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai inovasi produk roti serta memberikan fasilitas berupa mesin mixer planetary dan bahan-bahan pembuatan Roti.

Menurut M. Tang, pelatihan ini nantinya akan menghasilkan roti berbagai jenis, jurnal, P-IRT, Sertifikat halal dan label kemasan produk Roti. Setelan kegiatan ini terlaksana diharapkan dapat mampu menjalankan organisasi usaha, produksi bertambah serta perekonomian masyarakat bisa lebih baik,” tuturnya.

“Kali ini kami memproduksi roti yang lebih inovatif dan kreatif dibandingkan sebelumnya. Disini kami juga memberikan Mixer sebagai bantuan menyediakan sarana dan prasarana agar memudahkan masyarakat membuat roti bisa lebih baik dan enak,” jelas M Tang.

Disamping itu, program ini juga turut menghadirkan tujuh mahasiswa Unibos. Sekaligus merealisasikan program MBKM.

“Kami mengajak tujuh mahasiswa juga sebagai salah satu implementasi program MBKM. Manfaatnya selain dapat memenuhi mata kuliah kewirausahaan, mahasiswa juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan roti sehingga sudah ada pengetahuan yang dimiliki,” ucapnya.

“Selanjutnya nanti mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat untuk menghasilkan produk yang lebih inovatif dan bervariatif lagi,” tandas M Tang.(*)

Tags:

BACA JUGA