Tumbuhkan Kemampuan Literasi, Pelindo Bantu “Taman Baca Sekolah” di Ternate

Senin, 03 Oktober 2022 | 21:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

TERNATE, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersinergi dengan PT Balai Pustaka (Persero) mendukung upaya Pemerintah untuk menumbuhkan kemampuan literasi masyarakat. Terutama siswa usia sekolah melalui penyaluran bantuan “Taman Baca Sekolah” di SMP Negeri 1 Kota Ternate, Maluku Utara.

Bantuan yang diserahkan langsung General Manager Pelindo Regional 4 Ternate, Anwar Pae bersama tim dari PT Balai Pustaka pada sekitar pekan lalu itu, dalam rangka mendukung upaya Pemerintah untuk menumbuhkan kemampuan literasi masyarakat. Khususnya di bidang kemaritiman yang sejalan dengan prioritas Program TJSL Bidang Pendidikan.

pt-vale-indonesia

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, tujuan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Terutama di area lingkungan kerja dengan fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pembinaan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Maka bantuan “Taman Baca Sekolah” di SMP Negeri 1 Ternate ini merupakan Program TJSL Perseroan di Bidang Pendidikan, khususnya pada Program Pustaka Kemaritiman,” kata Enriany.

Pihaknya bersyukur dapat bekerja sama dengan pihak Balai Pustaka. Sehingga, bisa mewujudkan “Taman Baca Sekolah” bagi masyarakat di Kota Ternate, khususnya bagi para siswa usia sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Ternate, Mustamin Hamzah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan paket “Taman Baca Sekolah” yang diberikan Pelindo bekerja sama dengan Balai Pustaka.

Ia menuturkan, paket “Taman Baca Sekolah” yang disalurkan yaitu berupa bantuan buku. Jumlahnya 300 eksemplar.

“Melalui bantuan “Taman Baca Sekolah” ini, maka secara tidak langsung gerakan literasi di SMP Negeri 1 Kota Ternate dapat ditingkatkan. Selain itu juga untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca mereka karena dengan bantuan buku dari Pelindo, otomatis koleksi bacaan di perpustakaan sekolah kami menjadi bertambah,” tuturnya.

“Kami berharap dengan bantuan “Taman Baca Sekolah” di SMP Negeri 1 Kota Ternate, semua siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dan gairah membaca para siswa pun semakin meningkat,” harap Mustamin.(*)


BACA JUGA