Gandeng Forum CSR Sulsel, Pelindo Regional 4 Bantu 2 Unit Motor Sampah

Rabu, 13 September 2023 | 19:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wujudkan kepedulian kepada lingkungan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 bersinergi dengan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan 2 unit motor sampah sebagai upaya untuk mengajak masyarakat peduli dan menjaga kebersihan.

Sebanyak 2 unit motor sampah tersebut diserahkan langsung Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam bersama Ketua Forum CSR Sulsel Latunreng kepada Kepala Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, Muh. Yunus dan Pengurus Masjid 99 Kubah Makassar, Iqbal Nadjamuddin, Senin (11/09/2023).

pt-vale-indonesia

Kepala Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, Muh. Yunus mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pelindo dan Forum CSR Sulsel yang sudah mengusahakan bantuan berupa motor sampah tersebut.

“Mudah-mudahan bantuan motor sampah yang diberikan dapat kami gunakan dengan baik,” ujar Yunus.

Ia juga berharap semoga ke depannya Pelindo dan Pemerintah Sulsel melalui Forum CSR masih terus memperhatikan masyarakat dan lingkungan yang ada di wilayahnya. “Karena sampai saat ini, baru Pelindo dan Forum CSR Sulsel yang memberikan bantuan berupa motor sampah ini,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan Iqbal Nadjamuddin, pengurus Masjid 99 Kubah Makassar. Menurut dia, pihaknya sangat membutuhkan sekali motor sampah untuk mengangkut sampah-sampah yang sering berserakan di sekitar masjid.

“Sekarang kita memang punya 1 unit motor sampah, tapi tidak cukup. Apalagi kalau sedang ada banyak kegiatan di sekitar Masjid 99 Kubah Makassar,” jelas Iqbal.

Iqbal menambahkan, “Kami berterima kasih dengan bantuan [motor sampah] dari Pelindo ini. Karena memang motor sampah ini dibutuhkan sekali. Mudah-mudahan nanti bisa ada tambahannya sehingga bisa mengatasi semua permasalahan sampah dan kebersihan, terutama kebersihan di sekitar area Masjid 99 Kubah sehingga selalu terawat dan bersih.”

Ketua Forum CSR Sulsel, Latunreng menyampaikan rasa bangga karena seluruh dunia usaha di wilayah ini selalu hadir dan memberikan perhatiannya kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“Forum CSR Sulsel ini memang dibentuk untuk dapat berkoordinasi dengan seluruh badan usaha yang ada untuk kemudian dikumpulkan CSR-nya. Salah satunya adalah Pelindo sebagai Badan Usaha Milik Negara yang selalu berkontribusi aktif. Apalagi dalam forum ini Pelindo juga terlibat dalam struktur di dalamnya dan sebagai koordinator untuk seluruh BUMN yang ada di Sulawesi Selatan,” jelas Latunreng.

Sejauh ini, lanjut Latunreng, sudah cukup banyak CSR Pelindo khususnya Regional 4 yang disalurkan kepada masyarakat melalui Forum CSR Sulsel.

“Sebelumnya Pelindo juga pernah memberikan bantuan di bidang pendidikan berupa peralatan sekolah,” ujarnya.

Riman S. Duyo, Sekretaris II Forum CSR Sulsel juga menyampaikan ucapan terima kasih atas keterlibatan Pelindo dalam membantu masyarakat dan lingkungan sekitar utamanya di wilayah Sulawesi Selatan.

“Terima kasih Pelindo sudah banyak berkontribusi dan sangat proaktif untuk terlibat dalam forum ini. Semoga bisa terus dipertahankan,” ucap Riman.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, sebagai badan usaha yang juga menjalankan aktivitasnya di Sulawesi Selatan, pihaknya berkewajiban untuk turut memperhatikan lingkungan sekitarnya.

“Sebagaimana tujuan dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo yakni untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja dengan fokus pada tiga bidang yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pembinaan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah,” terang Basri.

“Mudah-mudahan bantuan motor sampah yang diberikan Pelindo Regional 4 untuk digunakan di Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto dan Masjid 99 Kubah Makassar ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” tutup Basri.(*)


BACA JUGA