Layaknya Pemilu, SMA Athirah Bukit Baruga Gelar Debat Calon Ketua OSIS

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 16:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Hal ini sebagai ajang pembelajaran politik bagi siswa.

Pemilihan Ketua OSIS ini juga diawali dengan pendaftaran calon, seleksi administrasi, penyampaian visi misi, debat publik pasangan calon, dan terakhir pemungutan suara. Tahapan itu layaknya seperti Pemilu.

Ada tiga pasangan kandidat yang beradu pada pemilihan kali ini. Ialah Muhammad-Alghany Dafawwas, Dhiva Dwi Alika-Muh Zaki Dan Meisy Vivid-Putri Auliah.

Ketiga pasangan kandidat itu melakukan adu visi misi, program, dan debat publik. Bertempat di Gymansiun, Jumat (07/10/2022).

Kegiatan debat publik ini dihadiri siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Kemudian mendatangkan tiga panelis yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sabar, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H. M Ridwan Karim dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Haerul Tamimin.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sabaruddin mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS yang digelar oleh Komisi Pemilihan OSIS. Menurutnya, hal ini merupakan pembelajaran bagi siswa.

“Dengan dilaksanakannya pemilihan ini merupakan sebuah pembelajaran demokrasi sehingga mereka sedikit punya gambaran seperti apa demokrasi yang sesungguhnya,” katanya.

Ia berharap, dengan demokrasi kita akan mendapatkan pemimpin dari hasil pemilihan ini sendiri, yakni pemimpin yang berkualitas. “Tujuan debat kandidat adalah untuk memperkenalkan tentang kepemimpinan sebelum dilakukan pemilihan ketua OSIS dan sebagai penentu pengambilan suara,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan OSIS Zhafran mengatakan debat pelaksanaan pemilihan ini sebagai ajang untuk memberikan gambaran buat pemilih. “Dari sini kita bisa melihat dan meniliai untuk memilih siapa calon yang pantas dipilih,” tutupnya.

Diketahui, pemilihan pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS akan dihelat pada tanggal 10 Oktober 2022.(*)


BACA JUGA