Sabet 10 Medali Emas, Kempo Makassar Kembali Juara Umum di Porprov Sinjai-Bulukumba

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Makassar berupaya membawa Makassar menjadi lumbung medali emas. Terkhusus pada perhelatan Porprov 2022 Sinjai-Bulukumba.

Ketua Persatuan Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Makassar, dr. Wachyudi Muchsin bersama pelatih, kenshi dan pengurus tidak bisa menyembunyikan rasa harunya. Sebab, target dapat mempertahankan juara umum cabang olahraga kempo.

Sejalan dengan itu, Kempo Makassar juga memecahkan rekor baru dengan meraih 10 emas, 3 Perak dan 3 perunggu. Kompetisi itu berlangsung di Aula Mapolres Bulukumba dan berakhir pada Sabtu (29/10/2022)

“Kami membawa 21 atlet Kempo Makassar alhamdulillah 10 medali emas di Porprov XVII ini tercapai. Cabor Kempo ini salah satu andalan meraih banyak emas untuk memenuhi target juara umum dan pecahkan rekor,” kata Dokter Koboi–sapaan akrab Wachyudi Muchsin.

Sejak Januari lalu, ujar dia, atlet Kempo Makassar intens mengikuti latihan yang diberikan oleh Pelatih Kempo Makassar. Ialah Ade Irma, Nasri, Suaib Side dan Aisya.

Untuk mendulang banyak emas, lanjut Wachyudi, Kempo Makassar mengandalkan embu beregu, embu pasangan dan randori. Adapun dengan 19 nomor pertandingan putri dan putra.

“Target kami tak berlebihan, pada Porda XVI 2018 di Pinrang, para kenzhi Makassar berhasil menyumbang 9 medali emas, 6 perak dan 4 perunggu. Kami meningkatkan target pencapaian medali 10 emas, 3 perak dan 3 perunggu kali ini tercapai mempertahankan juara umum dan pecahkan rekor baru terima kasih walikota makassar ramdhan pomanto, rektor universitas islam makassar dan dinas perikanan dan pertanian kota makassar serta semua pihak yang terus mendukung,” ungkapnya

Pelatih Kempo Makassar, Ade Irma menambahkan kunci sukses adalah kekompakan dan latihan yang keras agar tidak lengah dalam pertandingan. Utamanya dalam menjaga kesehatan dan stamina

“Para Kenshi diminta terus fokus dan konsentrasi menghadapi pertandingan, jangan pernah meremehkan lawan sehingga semua potensi bisa dimaksimalkan,” ujar Ade Irma

Selain itu, ia juga meminta para Kezhi agar menjaga stamina dan kebugaran fisik, apalagi saat ini, kata Muchtar, sedang masa transisi cuaca pancaroba “Rawan sakit, jadi harus jaga stamina dan kesehatan, biar ada dokter adalan, dokter koboi yang ikut kalau tidak jaga stamina bisa sakit juga,” ujarnya.

Sekertaris Umum Perkemi Makassar, Nasri mengatakan 10 emas, 3 perak dan 3 perunggu untuk enas persembahkan kenshi makassar dari embu pasangan putra kyu III, embu pasangan campuran kyu III, embu pasangan putri kyu III, embu pasangan campuran kyu II, embu pasangan putra kyu I, embu pasangan putri kyu I, embu campuran kyu 1, embu beregu kyu 1, randori putra kelas 50 kg, randori putra kelas 70 kg, untuk 3 perak melalui embu pasangan putri kyu III, randori putri kelas 40 kg, randori putra kelas 65 kg dan 3 perunggu randori putri kelas 60 kg, randori putra kelas 60 kg dan embu pasangan putra kyu II. (*)


BACA JUGA