Menantu Taufan Pawe Mundur Sebelum Bertarung, Patriadi Terpilih Dalam Musprov ke-X PPI Sulsel

Minggu, 11 Desember 2022 | 21:43 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM— Patriadi secara demokratis terpilih untuk memimpin Purna Paskibraka Indonesia Prov. Sulawesi Selatan (PPI Sulsel) pada Musyawarah Provinsi (Musprov) X PPI Sulsel yang diselenggarakan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (9-11/12/2022).

Sebelummya ada tiga kandidat calon yang bertanding dalam Musprov ini yaitu Zulham Arief, Patriadi dan Annas Sudirman. Namun akhirnya salah satu kandidat yaitu Zulham Arief menyatakan mengundurkan diri sehingga tersisa dua kandidat calon yakni Patriadi dan Annas Sudirman yang bertarung memperebutkan suara dari para peserta Musprov.

Keputusan Zulham Arief yang juga merupakan Sekertaris AMPG Sulsel cukup mengejutkan banyak pihak. Karena sejak awal, Zulham digadang-gadang akan dengan mulus melenggang maju sebagai Ketua PPI Sulsel di Musprov kali ini. Berbekal dengan pengalamannya sebagai politisi Partai Golkar, diyakini oleh beberapa kalangan internal PPI Sulsel akan mampu memenangkan pertarungan dengan mudah.

Dalam pantauan tim media, setelah penyampaian visi misi, Zulham Arief menyatakan mengundurkan diri dari tahapan pemilihan dan lebih memilih untuk mendukung Annas Sudirman. Sehingga dalam pemungutan suara terjadi head to head antara Patriadi dan Annas Sudirman.

“Sebelum masuk tahapan untuk penyampaian visi misi, ketiga kandidat dipertemukan oleh Ketua PPI Pusat bersama Ketua PPI Sulsel, entah apa yang mereka bahas. Nah setelah pada saat setelah menyampaikan visi misi dan pimpinan sidang menskorsing selama 15 menit akhirnya Zulham Arief menyatakan mengundurkan diri dan bergabung dengan Annas Sudirman,” tutur salah satu peserta yang tidak ingin disebut namanya.

Pada proses pemungutan suara, terjadi tiga kali putaran karena dalam dua putaran sebelumnya kedudukan imbang atas perolehan suara antara Patriadi dan Annas Sudirman yaitu sama-sama mengantongi 12 suara. Sehingga pada putaran ketiga pemungutan suara, PPI Pusat dan PPI Sulsel yang sebelumnya menyatakan abstain melalui kesepakatan forum akhirnya harus memberikan hak suaranya kepada salah satu kandidat.

Dan akhirnya setelah PPI Pusat dan PPI Sulsel memberikan hak suaranya, maka satu suara tetap abstain dan satu lagi memberikan pilihannya kepada Patriadi sehingga perolehan suara terakhir menjadi 13 suara untuk Patriadi dan 12 suara untuk Annas Sudirman sekaligus memberikan kemenangan kepada Patriadi.

Musprov PPI kali ini bagi Patriadi, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua PPI Kabupaten Sidrap merupakan kali ketiga dirinya bertarung. Dua perhelatan sebelumnya, dimenangkan oleh Marwan, Ketua PPI Sulsel saat ini. Sementara Annas Sudirman saat ini juga masih menjabat sebagai Ketua PPI Kota Makassar.

Musprov ke-X PPI Sulsel yang dihadiri oleh Ketua PPI Pusat, Goesta Fariza, merupakan ajang silaturahmi dan kolaborasi bagi para purna pengibar bendera pusaka dan setiap tahunnya melahirkan kader yang kedepannya diharapkan akan menjadi patron bagi para pemuda khususnya yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Selatan.(*)


BACA JUGA