PMI Makassar membangun dapur umum untuk korban banjir di Makassar, Sabtu (31/12/2022)

Banjir Landa Sejumlah Wilayah, PMI Makassar Turunkan Puluhan Relawan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Hujan deras disertai angin kencang terus melanda Kota Makassar dalam kurung waktu satu minggu terakhir ini.

Akibatnya beberapa ruas wilayah dan jalanan di Makassar terendam banjir, diantaranya blok 8 dan 10 Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, dan juga Kelurahan Katimbang dan Paccerakang, Kecamatan Biringkanaya.

pt-vale-indonesia

Atas musibah tersebut, dengan sigap, PMI Makassar langsung menurunkan puluhan relawannya dalam membantu pemerintah untuk melakukan penanganan darurat banjir.

Relawan yang diterjunkan PMI terdiri dari anggota Korps Suka Rela dan Tenaga Sukarela termasuk diantaranya Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Tim Sibat PMI).

Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI (Deng Ical), mengatakan sejak ada peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG kami telah memintah staf dan relawan untuk siaga atau standby di Posko PMI.

“Sembari mereka standby dia juga terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait lainnya agar pelaksanaan tugas tugas dilapangan bisa berjalan baik dan lancar,” kata Deng Ical, melalui pesan singkat WhatsApp.

Sementara Staf PMI Kota Makassar Bidang Penanggulangan Bencana, Risman, mengatakan setelah kami mendapatkan instruksi dari Ketua PMI dan Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Andi Fauzi Wawo, ia bersama relawan langsung turun ke lapangan melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir.

Tak hanya itu, ia juga membangun dapur umum dan layanan pertolongan pertama dan kesehatan untuk korban banjir.

“Selain kita melakukan evakuasi dan pertolongan pertama, kita juga membangun dapur umum, memasakan makanan kepada korban banjir dan juga memberikan makanan siap saji,” kata Risman Staf PMI Makassar, disela sela memimpin relawan dalam melakukan penanganan terhadap korban banjir, Sabtu (31/12/2022).

Sekadar diketahui, hari ini PMI Makassar menyalurkan bantuan berupa alat mandi, alat cuci piring dan beberapa lainnya kepada warga terdampak banjir di Antang.(*)


BACA JUGA