Ilustrasi

Lima Figur Calon Bupati Gowa Punya Kans Besar Menang di Pilkada 2024

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pilkada 2024 Kabupaten Gowa kian dekat. Sejumlah figur dijagokan bertarung memperebutkan kursi nomor satu di Butta Bersejarah Gowa.

Sedikitnya ada lima figur calon Bupati Gowa yang dinilai memiliki kans besar untuk menang di Pilkada 2024 mendatang.

pt-vale-indonesia

Kelimanya yaitu Abd. Rauf Malaganni atau yang akrab disapa Karaeng Kio. Kemudian Husniah Talenrang, Amir Uskara, Darmawangsyah Muin, dan Ansar Zainal Bate.

Kelima figur tersebut dinilai oleh Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto mempunyai peluang yang cukup besar untuk memenangkan kursi Bupati Gowa.

“Saya rasa dari kelima nama untuk saat ini masih mempunyai peluang yang saya rasa sama, karena pergerakan merekapun masing-masing masih terbatas, artinya belum dilakukan dengan masif,” katanya kepada media belum lama ini.

Namun lanjut dia, dilihat secara
spesifik, Abd Rauf Malaganni atau Karaeng Kio mempunyai keuntungan atau advance yang lebih bagus. Sebab masih menjabat sebagai wakil Bupati Gowa saat ini.

“Kalau itu bisa dikelola dengan baik, dimaksimalkan dengan baik, tentu itu akan memberikan keuntungan bagi Abd Rauf Malaganni,” ujarnya.

Bahkan tidak hanya itu, Andi Ali Armunanto mengaku, Abd Rauf Malaganni mempunyai keuntungan karena sudah dikenal oleh masyarakat hampir seluruh masyarakat Gowa.

“Artinya, popularitasnya sangat kuat sebagai Wakil Bupati, yang tinggal didorong adalah elektabilitasnya, penerimaan masyarakatnya dan elektabilitas potensi terpilihnya,” bebernya.

“Kalau itu bisa didorong, saya rasa memang yang muncul sebagai calon terkuat tentu Abd Rauf Malaganni,” sambungnya.

Namun, waktu dan kondisi masih bisa merubah segalanya kata Armunanto.

Figur lainnya seperti Husniah Talenrang, Amir Uskara, Ansar Zaenal Bate dan Darmawangsyah Muin adalah figur yang tidak bisa disepelekan. Itu karena pergerakan politik dan jaringannya juga sangat luas. Sehingga, Masing-masing punya cara sendiri untuk meraih suara dari masyarakat Gowa.

“Saya rasa juga Husniah Talenrang, Amir Uskara, dan Ansar Zaenal Bate mempunyai peluang yang kurang lebih sama, begitu juga dengan Darmawangsyah Muin,” tukasnya.(*)


BACA JUGA