Ruas Jalan Provinsi Poros Patallassang- Benteng Gajah-Moncongloe menuju Maros.

Ruas Jalan Provinsi di Pattallassang Rusak Parah, Begini Kata Pengendara

Kamis, 16 Maret 2023 | 14:03 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Ruas jalan provinsi di poros Kecamatan Pattallassang rusak parah. Jalan rusak itu banyak dikeluhkan oleh pengendara.

Pantauan di lokasi, jalan rusak dengan aspal berlobang itu di ruas Poros Pattalassang Benteng Gajah – Moncongloe atau menuju maros.

Sejumlah pengendara motor dan mobil melintas perlahan untuk menghindari lubang. Belum lagi saat hujan, jalan berlubang itu digenangi air.

Jalanan rusak tersebut tepatnya berada sekira 1 km dari batas yang dikerjakan Pemprov Sulsel atau setelah jembatan pertama dari perempatan poros Patalassang Jalan Yasin Limpo, Jalan Burung-burung – Bili-bili dan Jalan Burung-Burung – Benteng Gajah-Moncongloe.

Jalan rusak itu terlihat di Jalan Provinsi Poros Bu’rung-bu’rung-Bili-bili. Di ruas jalan tersebut kerusakan jalanan terbilang parah. Pengendara mobil dan motor sebaiknya berhati-hati jika melintas di ruas jalan tersebut.

Menurut salah satu pengendara bernama Aldi , jalan rusak ini sangat rawan bagi pengguna jalanan. Pasalnya
sudah banyak pengendara motor yang jatuh akibat jalanan yang rusak.

“Rusak parah di sini jalanan, sudah banyak juga orang jatuh karena berlubang,” katanya, Kamis (16/3/2023).

Pantauan di lokasi, belum ada tanda-tanda perbaikan jalanan. Padahal sebelumnya, Dinas PUTR Sulsel mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan tersebut.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sulawesi Selatan (PUTR Sulsel) bergerak menangani ruas jalan Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Beberapa titik jalan di Kecamatan Pattallassang mengalami kondisi rusak berat.Padahal, ruas jalan ini termasuk kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi.

Penanganan secara bertahap pun akan dilakukan dinas PUTR Sulsel.
Kabid Bina Marga pada Dinas PUTR Sulsel, Irawan Dermayasamin Ibrahim mengatakan, ada tiga paket di tahun 2023 ini untuk perbaikan jalan di Pattallassang Gowa.

Yakni rekonstruksi jalan ruas Burung-Burung-Bili-Bili dengan alokasi Rp 16 Miliar. Rekonstruksi jalan H M Yasin Limpo dengan alokasi Rp 16 miliar.

Serta jalan ruas Burung-Burung-Benteng Gajah-Carangki-Bantimurung dengan alokasi Rp 12 miliar.

“Total alokasi sekitar Rp 44 miliar untuk menangani jalan sepanjang sekitar 7 Km, dengan berfokus pada segmen yang rusak berat,” ujarnya.

“Ruas Burung-Burung – Bili-Bili telah berkontrak, dan sementara persiapan untuk pekerjaan. Sementara paket yang lain, segera berkontrak. InsyaAllah, segera dikerjakan,” lanjutnya.

Selain Pattallassang, tahun ini Pemprov Sulsel juga akan menangani rekonstruksi ruas Jalan Mustafa Dg Bunga di Kabupaten Gowa. (*)


BACA JUGA